Iklan Layanan Masyarakat

Dukung Temanggung Bebas Sampah, TPS3R Desa Keblukan Diresmikan

Senin, 20 Mar 2023 16:43:55 377

Keterangan Gambar : Dukung Temanggung Bebas Sampah, TPS3R Desa Keblukan Diresmikan


Temanggung, MediaCenter - Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R) Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Ngrumat Resik Keblukan diresmikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ripto Susilo mewakili Bupati Temanggung pada Senin (20/3/2023). 

TPS3R yang berlokasi di Desa Keblukan, Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung tersebut dibangun dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) Sanitasi Tahun 2022, yang dilengkapi sarana prasarana berupa 2 unit kendaraan angkut roda 3, 1 unit alat press, 1 unit alat pemilah sampah dan 1 unit alat pengolah sampah. TPS3R ini akan dijadikan tempat pengelolaan sampah organik maupun non-organik, khususnya  di Desa Keblukan.

Ripto Susilo menyampaikan, sampah bisa menimbulkan berbagai permasalahan, akan tetapi jika sampah dikelola dengan baik, sampah juga bisa memiliki nilai ekonomi.

 “TPS3R ini menjadi ujung tombak di desa dalam pengelolaan sampah yang juga nantinya bisa didukung dengan Dana Desa, sehingga TPS3R bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Ditambahkannya, di Kabupaten Temanggung saat ini sudah ada beberapa desa yang bisa dijadikan percontohan dalam pengelolaan sampah. Untuk itu, ia berharap, KSM Desa Keblukan bisa mereplikasi sistem pengelolaan sampah dari desa yang sudah berjalan.

“Jadikan contoh, karena sudah ada beberapa desa yang yang sudah bagus pengelolaan sampahnya. Jika membutuhkan pelatihan dalam pengelolaan sampah bisa dibantu dari DPRKPLH, sehingga sampah bisa diolah dan bisa menjadi sumber ekonomi,” sambungnya.

Kepala Desa Keblukan Cholik Pujiyanto berharap, dengan adanya TPS3R ini dapat mendukung program Bupati Temanggung, yaitu Temanggung Bebas Sampah.

Peresmian dihadiri oleh Camat Kaloran Juli RiastianaTrisnamurti, Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Anggit Triwahyu Widodo, Wakil Direktur RSUD Temanggung Totok Purwanto, BPD Desa Keblukan, Ketua RT/RW, PSRT Desa Keblukan, jajaran KSM Ngrumat Resik  dan jajaran pemerintah Desa Keblukan. (MC TMG/sv;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top