Iklan Layanan Masyarakat

DPRD Temanggung Dukung Pengembangan Desa Wisata

Sabtu, 18 Feb 2023 11:09:03 414

Keterangan Gambar : DPRD Temanggung Dukung Pengembangan Desa Wisata


Temanggung, Media Center - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Yunianto mendukung pengembangan desa wisata di Temanggung, karena dapat menggerakan perekonomian masyarakat, sekaligus mampu mengangkat kembali adat istiadat, seni dan tradisi di desa.

"Temanggung ini salah satu wilayah yang mempunyai banyak destinasi wisata alam yang luar biasa. Dukungan DPRD dalam pengembangan wisata desa tentunya melalui penganggaran, baik anggaran infrastruktur menuju desa wisata, serta dukungan anggaran untuk peningkatan sumber daya manusia pengelola desa wisata," katanya, Jumat (17/2/2023).

Menurut Yunianto, pengembangan desa wisata yang saat ini digencarkan di Temanggung semangatnya agar terus dijaga. Jangan hanya sekedar ikut-ikutan dengan desa wisata lain. Kepala desa dan warga masyarakat, serta pengelola desa wisata harus saling bersinergi agar memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan.

Ia mengatakan, para pengelola desa wisata juga harus terus mengembangkan SDM di bawah binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar).  

"Selain kemampuan memandu wisatawan, dan menerima tamu dengan ramah, pengelola desa wisata juga harus menguasai teknologi informasi untuk sarana promosi wisata-wisata desanya agar dikenal hingga nasional," imbuhnya.

Untuk mendukung pariwisata tersebut, DPRD Kabupaten Temanggung juga telah menyalurkan dana aspirasi senilai Rp 13,7 miliar untuk 375 kelompok kesenian. Penerima dana itu meliputi kelompok kesenian kuda lumping, kubro siswo, gedruk, rebana dan topeng ireng.

"Kita sudah mengalokasikan dana yang diserap dari aspirasi masyarakat, dan konstituennya membantu 375 kelompok kesenian yang ada di Temanggung. Saya harapkan, dana tersebut bisa menjadi penyempurna di setiap kelompok kesenian untuk pembelian alat-alat kesenian, kostum, dan lainnya," tegasnya.
 
Ia mengatakan, jika penganggaran yang bersumber dari dana aspirasi DPRD 2023 ini belum maksimal dalam membantu program Pemkab Temanggung, maka akan dilanjutkan di tahun-tahun berikutnya.

"Kami terus mengupayakan agar pariwisaya dan kebudayaan di Temanggung ini terus maju dan berkembang dengan baik guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bahkan, kita juga mendorong adanya pembinaan dan pelatihan bagi para pelaku wisata dan kesenian," pungkasnya. (MC.TMG/fr;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top