Iklan Layanan Masyarakat

Desa Gilingsari Raih Badan Publik Informatif

Sabtu, 23 Des 2023 10:33:39 202

Keterangan Gambar : Desa Gilingsari Raih Badan Publik Informatif


Temanggung, Media Center - Penerimaan penghargaan sebagai badan publik pemerintah desa di Provinsi Jawa Tengah kategori informatif tahun 2023 diberikan pada acara malam Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2023 di Patra Jasa Hotel, Semarang, Kamis (21/12/2023) malam.

Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah, Indra Asoka Mahendrayana menyatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) kepada badan publik melalui tahapan penilaian website dan media sosial yang kemudian dilakukan pengisian kuesioner mandiri (SAQ), visitasi dan verifikasi, serta presentasi uji publik.

“Jadi memang KIP sendiri mendukung perangkat desa, lebih terbuka menjalankan pemerintahannya,” ujar Indra Asoka. 

Kepala Desa Gilingsari, Kabupaten Temanggung, Agus Retno Wibowo mengatakan, bahwa KIP di Desa Gilingsari saat ini berinovasi melalui instrumen digital yang dapat diakses dengan mudah, melalui gawai oleh siapapun, bahkan dari warga luar Desa Gilingsari. 

Pemerintah Desa Gilingsari berkomitmen, untuk mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik, disamping juga masih membutuhkan bimbingan dari PPID Pemkab Temanggung melalui Dinkominfo, agar lebih paham dalam memberikan informasi yang tepat bagi masyarakat luas.

“Alhamdulillah, Pemdes Gilingsari mendapat penghargaan dalam nominasi Desa Informatif, yang tentunya banyak pihak terlibat dalam upaya ini, diantaranya Dinkominfo dan juga Pemdes,” ungkapnya.

Agus mengatakan, bahwa penghargaan ini dapat menjadi pemicu semangat untuk lebih meningkatkan kompetensi dan konsistensi terkait informasi publik di era digital, baik dari desa-desa lain, maupun desa sendiri, khususnya Desa Gilingsari.

“Harapan kedepan, kami Pemdes Gilingsari semakin lebih baik lagi, dan dengan adanya keterbukaan informasi ini biar sangat berguna bagi masyarakat dan supaya informasi antara Pemdes ke masyarakat lebih cepat dan transparan,” pungkas Kepala Desa Gilingsari. (Chy;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top