Iklan Layanan Masyarakat

DAK 2,5 Miliar untuk Tingkatkan Produktivifitas Perikanan di Temanggung

Senin, 09 Okt 2023 13:29:35 370

Keterangan Gambar : DAK 2,5 Miliar untuk Tingkatkan Produktivifitas Perikanan di Temanggung


Temanggung, Media Center - Sebagai upaya meningkatkan produktivitas perikanan, Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah mendapat bantuan 2,5 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023.

"Kami mendapat bantuan 2,5 miliar dari DAK tahun 2023, dana itu kita jadikan tiga panduan, yang pertama bantuan untuk sarpras budi daya, kemudian untuk sarpras pengolahan lewat kegiatan bedah unit pengolahan ikan, dan yang ketiga untuk sarpras penangkapan ikan," kata Kepala Bidang Perikanan, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Temanggung, Nunung Nur Chayati, Senin (9/10/2023).

Ia mengatakan, untuk sarpras budi daya diberikan kepada 20 kelompok yang merupakan perwakilan dari 20 kecamatan. Penerima bantuan itu berdasarkan pengajuan dari para penyuluh perikanan terhadap kelompok-kelompok binaannya yang menjadi unggulan di setiap kecamatan. 

"Untuk sarpras bedah unit pengolahan ikan diterima oleh 2 kelompok yang masing-masing mendapat 200 juta dan 300 juta," katanya.

Nunung mengatakan, kegiatan yang ada stimulan dana dari pemerintah itu dipilihkan perwakilan dari setiap kecamatan yang merupakan binaan para penyuluh perikanan untuk mendapat bantuan DAK ini berupa sarpras perikanan budi daya yang terdiri dari pakan ikan, benih ikan dan peralatan perikanan.

"Bantuan pemerintah itu menurut kami lebih tepat diberikan kepada kelompok binaan unggulan/terpilih dari penyuluh perikanan untuk masing-masing wilayahnya. Dengan pemilihan kelompok unggulan terpilih tersebut diharapkan kelompok lain di desa itu bisa mengikuti, karena sering kali ketika ada inovasi budi daya atau ada sistem yang baru itu, banyak masyarakat yang ragu-ragu kalau belum ada yang memberi contoh," jelasnya.

DKPPP Temanggung berharap dengan bantuan ini lebih merangsang para kelompok budi daya perikanan di Temanggung dalam meningkatkan produktivitas, guna menopang perekonomian masyarakat. (MC.TMG/fir;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top