Iklan Layanan Masyarakat

Ciptakan Diversifikasi Olahan Produk Tembakau, Dinperinaker Adakan Pelatihan

Rabu, 07 Jun 2023 15:25:28 384

Keterangan Gambar : Ciptakan Diversifikasi Olahan Produk Tembakau, Dinperinaker Adakan Pelatihan


Temanggung, MediaCenter - Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kabupaten Temanggung mengadakan pelatihan bagi pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) pertembakauan di Rumah Makan Tumijah, Kebonsari, Temanggung, Selasa (6/6/2023). Kegiatan dibuka oleh Wakil Bupati Temanggung, R Heri Ibnu Wibowo.

Agus Sarwono, Kepala Dinperinaker Kabupaten Temanggung mengatakan, kegiatan yang dibiayai dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun 2023 tersebut, bertujuan untuk menciptakan diversifikasi (perluasan) olahan produk tembakau, dengan sasaran 440 pelaku IKM tembakau dari 14 kecamatan di Kabupaten Temanggung yang dibagi menjadi 11 paket pelatihan.

“Pada kegiatan ini para peserta dilatih untuk mengolah tembakau menjadi  berbagai varian produk tembakau lembutan, diantaranya varian original, blending, dan herbal, serta pelatihan membuat cerutu,” jelasnya.

Di tahun 2022, kegiatan yang sama juga telah dilakukan dengan sasaran 740 IKM tembakau di Kabupaten Temanggung.

Selanjutnya, Wabup R Heri Ibnu Wibowo pada sambutannya berharap, kedepan pameran tembakau tidak hanya diadakan di Temanggung saja, tetapi juga di luar daerah, sehingga pemasaran tembakau Temanggung juga bisa merambah ke luar daerah.

“Harapan kami bisa dijadwalkan pameran tembakau di luar daerah untuk membantu para IKM tembakau agar pemasaran produknya bisa merambah ke luar daerah, sekaligus juga memperkenalkan kopi Temanggung,” pungkas Wabup. (MC.TMG/sv;ekn;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top