Iklan Layanan Masyarakat

Cari Bibit Unggul, IPSI Temanggung Gelar Kejurkab Silat

Sabtu, 05 Mar 2022 20:11:43 509

Keterangan Gambar : Gelaran kejuaraan adu teknik dan seni jurus pencak silat itu digelar selama dua hari, Sabtu dan Minggu (5-6/3/2022) di Tenis Indoor Bambu Runcing, Temanggung.


Temanggung, MediaCenter - Ratusan pendekar  tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Temanggung, mengikuti Kejuaraan Tingkat Kabupaten (Kejurkab) pencak silat yang digelar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Temanggung bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dindikpora)  dan KONI Temanggung. 

Gelaran kejuaraan adu teknik dan seni jurus pencak silat itu digelar selama dua hari, Sabtu dan Minggu (5-6/3/2022) di Tenis Indoor Bambu Runcing, Temanggung.

Ketua Panitia Kejurkab, Arief Ujiono yang ditemui di sela-sela kejuaraan, Sabtu (5/3/2022) menyampaikan,  Kejurkab remaja dan pra remaja tahun  2022 diikuti 152 atlet pencak silat muda dari 9 padepokan se-Kabupaten Temanggung. 

“Atlet yang ikut ambil bagian semuanya berstatus pelajar, mulai dari tingkat SD hingga SMA,” terangnya. 

Arief menjelaskan, untuk jenis lomba yang di pertandingkan adalah laga dan seni,  yang terbagi dalam 23 kelas, mulai pra remaja untuk SD dan SMP dan remaja untuk SMA sederajat, baik putra maupun putri. 

“Sebenarnya animo atlet yang mau ikut cukup besar, namun karena masih pandemi, dilakukan seleksi terlebih dahulu di tingkat padepokan masing-masing,” ujarnya. 

Tujuan kejuaraan ini, Arief menegaskan, adalah sebagai ajang silahturahmi sesama atlet yang hampir dua tahun tidak ada aktifitas kejuaraan akibat pandemi dan  juga sarana melatih kesabaran, ketangkasan, dan untuk memperkuat karakter para peserta.

“Dari ajang ini, melahirkan atlet pencak silat muda yang unggul dan  berbakat asal Temanggung yang akan maju dalam Popda,” harapnya. 

Ditempat yang sama, Ketua IPSI Temanggung, Iwan Setiawan  mengatakan, sangat optimis prestasi atlet pencak silat di Kabupaten Temanggung akan terus maju, pasalnya perkembangan jumlah atlet pencak silat cukup menggembirakan. Saat ini, tercatat ada 6000 atlet pencak silat.

"Dari jumlah tersebut, kami meyakini akan muncul atlet yang berbakat dan mampu berbicara di event-event kejuaraan lebih tinggi,” katanya. 

Terkait Kejurkab remaja dan pra remaja ini, Iwan memastikan juara di masing-masing kelas nantinya akan mengikuti TC (Training Camp) untuk persiapan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda), baik di tingkat eks-Karesidenan Kedu atau Provinsi Jawa Tengah. 

“Dengan pola TC ini, saya yakin perolehan medali di Popda akan semakin bertambah,” katanya. 

Sementara itu, dalam sambutannya, Kepala Dindikpora Temanggung, Agus Sujarwo sangat merepon positif adanya Kejurkab pencak silat remaja dan pra remaja. Selain menyehatkan, juga  memberikan kegiatan positif kepada para pelajar. 

“Saya meyakini, dengan menjadi atlet akan tubuh jiwa sportif, kompetitif dan juga berprestasi,” pungkasnya. (MC.TMG/dn;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top