Iklan Layanan Masyarakat

Capai 95,44% UHC, Pemkab Temanggung Terima Penghargaan dari BPJS Kesehatan

Selasa, 11 Des 2023 17:29:09 308

Keterangan Gambar : Capai 95,44% UHC, Pemkab Temanggung Terima Penghargaan dari BPJS Kesehatan


Temanggung, MediaCenter – Pj. Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo menerima piagam penghargaan dari BPJS Kesehatan atas tercapainya angka jaminan kesehatan masyarakat atau Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten Temanggung, yakni 95,44% di tahun 2023. Penyerahan penghargaan dilaksanakan di Pendopo Pengaoman Temanggung, Senin (11/12/2023) pagi.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Magelang, drg. Irfan Qadarusman menyampaikan, dengan tercapainya target 95,44% UHC menjadi salah satu bentuk apresiasi dari BPJS Kesehatan.

“Alhamdulillah per 1 Desember ini, UHC Kabupaten Temanggung sudah tembus di 95 persen, artinya sudah mendapatkan predikat Universal Health Coverage. Sebanyak 95,44 persen seluruh penduduk di Kabupaten  Temanggung ini sebagai peserta JKN, artinya sudah banyak masyarakat yang bisa memanfaatkan dan terdaftar pada jaminan kesehatan,” tutur Irfan Qadarusman.

Sesuai dengan RPJMN 2020-2024, Pemerintah Pusat menargetkan pada bulan Juni 2024 mendatang angka UHC di setiap daerah mencapai angka 98%. Terkait hal tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Magelang drg. Irfan Qadarusman menyampaikan, bahwa pihaknya akan berkolaborasi dengan instansi semua bidang terkait untuk dapat mendaftarkan seluruh sektor pekerja agar mendapatkan jaminan kesehatan.

“Kekurangan ini memang menjadi PR kita untuk mencapai target menjaminkan kesehatan masyarakat bagi yang belum terdaftar,” tandasnya.

Ditambahkan oleh Pj. Bupati Hary Agung Prabowo, strategi yang akan dilakukan Pemkab Temanggung untuk mencapai target jaminan kesehatan sebesar 98% adalah berkolaborasi dan sinergitas bersama antara BPJS Kesehatan dengan OPD terkait untuk bersama-sama bisa mencapai kekurangan 2,56%, serta akan menghitung ulang anggaran pada APBD untuk memberikan alokasi anggaran jaminan kesehatan.

“Kurang lebih 823.000 penduduk Kabupaten Temanggung itu harus dijaminkan semuanya untuk mendapatkan fasilitas kesehatan dari BPJS Kesehatan agar supaya masyarakat Temanggung itu biar sehat, kalaupun masuk ke Rumah Sakit itu sudah ada jaminan dari BPJS Kesehatan. Saat ini masuk ke 95,44 persen yang sudah dijaminkan di BPJS Kesehatan. Kedepan di 2024 besok, kita jaminkan total sekitar 98 persen. Nanti kedepan pasti akan kita jaminkan 100 persen, karena memang harus semuanya, karena ini adalah aturan dan regulasi Undang-Undang yang telah mengatur itu,” imbuh Pj. Bupati Hary Agung Prabowo yang ditemui seusai menerima penghargaan UHC.

Selain memberikan piagam penghargaan UHC, BPJS Kesehatan Cabang Magelang juga memberikan bantuan Organization Social Responsibility (OSR) berupa 20 unit tempat sampah yang secara simbolis diserahkan kepada Pj. Bupati Temanggung didampingi oleh Pj. Sekda Agus Sujarwo dan Kepala DPRKPLH Temanggung, Prasodjo. (MC.TMG/Nin;Wll;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top