Iklan Layanan Masyarakat

Bupati Tapanuli Selatan Lakukan Studi Banding ke Food Estate Temanggung

Rabu, 09 Feb 2022 17:21:09 732

Keterangan Gambar : Sindoro Food Estate (lumbung pangan) berbasis hortikultura dan Embung Bansari di Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung mendapat kunjungan Bupati Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara, Dolly Putra Perlindungan Pasaribu beserta istri, Rosalina Siregar dengan didampingi kepala dinas terkait, Rabu (9/2/2022).


Temanggung, MediaCenter - Sindoro Food Estate (lumbung pangan) berbasis hortikultura dan Embung Bansari di Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung mendapat kunjungan Bupati Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara, Dolly Putra Perlindungan Pasaribu beserta istri, Rosalina Siregar dengan didampingi kepala dinas terkait, Rabu (9/2/2022).

Dalam kunjungannya ke lahan food estate, rombongan didampingi oleh Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Temanggung, Esti Dwi Utami, Kabid Hortikultura dan Perkebunan DKPP Sumarno, Camat Bansari, Kepala Desa Bansari, penyuluh pertanian, tokoh pemuda, dan petani.

Kunjungan ini merupakan rangkaian kegiatan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara, setelah diterima oleh Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo. Kabupaten Temanggung menjadi pilihan untuk belajar program food estate, dan menyerap informasi guna memajukan para petani di Kabupaten Tapanuli Selatan.

"Kunjungan hari ini untuk belajar kepada kawan-kawan di Temanggung, bagaimana program pemerintah pusat bisa berjalan, sekaligus niat kami untuk meningkatkan kehidupan petani bisa terealisasi," ungkap Bupati Tapanuli Selatan, Rabu (9/2/2022) disela-sela kunjungan.

Saat ini food estate ditanami bawang merah, bawang putih, dan cabe dengan luasan 57 hektar. 

"Saya pertama sekali, tentu berterima kasih kepada kawan-kawan sudah diterima baik di sini, bertukar informasi, tetapi lebih banyak menyerap informasi dari sini, harapan kami bisa kami lakukan di Tapanuli Selatan, mengikuti jejak sukses kawan-kawan di Temanggung," imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris DKPPP Kabupaten Temanggung, Esti Dwi Utami menjelaskan mengenai latar belakang kesuksesan program food estate di Kabupaten Temanggung.

"Keberhasilan program food estate ini adalah disebabkan ketepatan mengidentifikasi lokasi lahan, sumber daya alam dan sumber daya manusia, baik dari sisi petani, kelompok, petugas, dan pemangku wilayah" jelas Esti.

Rombongan juga berkunjung ke green house melon dan tomat, yang hasil panennya dikirim ke Singapura. 

Selanjutnya, rombongan Pemkab Tapanuli Selatan diterima oleh Sekretaris Daerah, Hary Agung Prabowo, Staff Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan, SDM, Pendidikan, dan Kebudayaan, Sri Haryanto dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda, Ripto Susilo mewakili Bupati Temanggung, dan diadakan ramah tamah dan tukar menukar cinderamata di Ruang Gajah, Kantor Bupati Temanggung.

"Sukses Bapak Bupati, mudah-mudahan Bapak besok melanjutkan perjalanan ke Kulon Progo juga sukses dan sampai Tapanuli Selatan tidak ada halangan," ungkap Sekda. (MC.TMG/Sty;Sv;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top