Iklan Layanan Masyarakat

Bupati Sampaikan Pesan Gelorakan Patriotisme dalam Pengukuhan Paskibraka

Rabu, 16 Agu 2023 09:12:03 351

Keterangan Gambar : Bupati Sampaikan Pesan Gelorakan Patriotisme dalam Pengukuhan Paskibraka


Temanggung, Media Center - Pemkab Temanggung melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bankesbangpol) melaksanakan Upacara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Temanggung Tahun 2023 yang berlangsung di Pendopo Pengayoman, Senin (14/8/2023) malam. 

Bupati Temanggung, HM. Al Khadziq berkesempatan menjadi pembina upacara dengan dihadiri oleh Forkompimda Temanggung beserta pendamping, Kepala OPD terkait, Ketua TP PKK Temanggung, para Kepala SMA/SMK/MA negeri/swasta se-Kabupaten Temanggung, para instruktur/pelatih Paskibraka, para pengawal Paskibraka, dan seluruh anggota Paskibraka. 

Bupati dalam sambutannya mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh anggota yang terpilih sebagai Paskibraka Kabupaten Temanggung, serta nantinya dapat bertugas dengan penuh semangat dan pengabdian pada bangsa dan negara.

“Saya kukuhkan saudara pada hari ini, Senin (14/8/2023) menjadi anggota Paskibraka Kabupaten Temanggung Tahun 2023. Selamat bertugas dengan penuh semangat dan pengabdian pada bangsa dan negara,” tandas Bupati.

Bupati berpesan kepada seluruh anggota Paskibraka, untuk terus mempersiapkan diri dengan sebaik-baik dan penuh pengorbanan untuk menggapai cita-cita di masa depan, dengan tetap menjaga, sekaligus menjunjung tinggi berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan pada Pancasila dan Undang Undang Dasar (UUD) 1945.

“Untuk itulah, setiap anggota Paskibraka harus memiliki jiwa yang sangat mulia. Seperti yang dilambangkan bunga teratai. Karena bunga teratai tumbuh di lumpur dan berkembang di atas air yang bermakna, bahwa anggota Paskibraka adalah pemuda dan pemudi yang tumbuh dari tengah-tengah masyarakat yang terus membangun dan berkembang untuk terus membangun,” ungkapnya.

Selanjutnya Bupati menambahkan, dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, generasi muda selalu menempati peran yang sangat strategis dari setiap peristiwa penting yang terjadi. Peran tersebut haruslah tetap dapat disandang oleh generasi muda kita saat ini, hingga masa depan nanti, di tengah dinamika tantangan dan peluang dalam era global, yang diwarnai tingkat kompetisi dan daya saing di tengah derasnya arus informasi dan teknologi.

“Sebagai anggota Paskibraka, maka kalian merupakan pelajar yang telah terpilih melalui seleksi yang ketat. Adik-adik pelajar yang terpilih sudah dilatih untuk mempersiapkan hal-hal yang bersifat teknis, seperti baris-berbaris, formasi, manuver, melipat serta mengibarkan bendera dan sebagainya, bahkan nanti menuju menjadi duta Pancasila guna menggelorakan jiwa nasionalisme dan patriotisme Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tegas Bupati.

Selain itu, untuk membangun tradisi dan perilaku yang positif bagi pelajar seperti yang disampaikan Bupati, mengisyaratkan pentingnya kedisiplinan, ketegasan, kecerdasan dan kebersamaan melalui Paskibraka, juga menumbuhkan semangat mengisi kemerdekaan bagi generasi muda dalam menanamkan nilai-nilai sosial, agar mampu menanamkan sikap dan perilaku yang baik di kehidupan bermasyarakat dan menghadapi tatanan dunia yang terus berubah sesuai tuntutan dan kepentingan global. (MC.TMG/wll;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top