Iklan Layanan Masyarakat

Bupati: Pawai Panji Parpol Sosialisasi Pemilu Damai Sukses Tanpa Ekses

Senin, 14 Agu 2023 08:00:38 890

Keterangan Gambar : Bupati: Pawai Panji Parpol Sosialisasi Pemilu Damai Sukses Tanpa Ekses


Temanggung, MediaCenter- Pelaksanaan Pemilu serentak 2024 yang akan digelar di Indonesia kini telah mulai disosialisasikan kepada masyarakat luas, agar mereka paham dan mengerti partai apa saja yang ikut berpartisipasi, termasuk bagaimana mekanisme Pileg maupun Pilres serentak yang baru pertama kali dalam sejarah Indonesia. Untuk itu, maka digelarlah penerimaan estafet perjalanan bendera partai politik peserta Pemilu 2024 dari Kota Magelang ke Temanggung di Pendopo Pengayoman, Sabtu (12/8/2024). 

Usai diserahterimakan bendera parpol beserta panji-panjinya dan pataka Pemilu 2024 dikirab keliling ke berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Temanggung, seperti Kecamatan Temanggung, Bulu, Parakan, Kedu, dan lain sebagainya. Kirab pun disambut antusias warga di berbagai kecamatan yang dilewati. 

Selain Bupati HM Al Khadziq, acara juga dihadiri Ketua DPRD Yunianto, Sekda Hary Agung Prabowo, Ketua KPU Temanggung Yusuf Hasyim, Ketua Bawaslu Erwin Nurachmani Prabawati, Ketua KPU Kota Magelang Basmar, perwakilan Bawaslu Kota Magelang, para ketua partai politik, para camat, PPK dan lain-lain. 

Bupati Temanggung HM Al Khadziq mengatakan, Pemilu 2024, adalah Pemilu serentak, baik Pileg, Pilpres, yang pertama kali akan digelar dalam sejarah Republik Indonesia. Ia pun berharap semoga Pemilu berjalan sukses dan aman, terlebih Komisi Pemilihan Umum dan Bawaslu sejauh ini telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Bupati mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada KPU dan Bawaslu yang telah bekerja keras mempersiapkan seluruh persiapan Pemilu tahun 2024, baik bersifat persiapan teknis data pemilih, maupun sosialisasi yang ditujukan untuk meningkatkan angka partisipasi politik di Kabupaten Temanggung.

"Pagi ini kita berkumpul untuk bersama-sama mendeklarasikan Pemilu damai di Kabupaten Temanggung dengan cara menerima estafet panji-panji partai politik dan pataka Pemilu 2024 yang dikirab keliling Kabupaten Temanggung. Pemilu 2024, adalah Pemilu serentak, baik Pileg, Pilpres, yang pertama kali dalam sejarah Republik Indonesia, semoga Pemilu berjalan sukses dan aman. Saya yakin dengan situasi Temanggung yang seperti ini, Pemilu 2024 akan berlangsung sukses tanpa ekses, akan melahirkan para calon pemimpin-pemimpin bangsa berkualitas dan akan semakin mempersatukan seluruh masyarakat," ujar Bupati.   

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung Yusuf Hasyim mengatakan, kirab bendera partai politik ini melewati semua kota yang ada di Indonesia, dengan maksud menunjukkan, bahwa Pemilu adalah sarana integrasi bangsa. Momen ini juga tepat dengan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, dan menunjukkan, bahwa Pemilu bukan sekadar arena perebutan kekuasaan, tapi semangat kemerdekaan menjunjung tinggi nilai persatuan, kesatuan bangsa. Melalui pawai mobil partai peserta Pemilu yang mengelilingi berbagai kecamatan di Kabupaten Temanggung untuk sosialisasi kepada masyarakat, bahwa tidak lama lagi akan ada Pemilu. 

"Kirab bendera partai politik ini merupakan agenda nasional dan melewati semua kota di Indonesia, sekaligus memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI. Melalui kirab, sambil kita memberi informasi dan sosialisasi di semua kalangan, kita lakukan pawai mobil partai peserta Pemilu di kecamatan-kecamatan yang ada. Kita juga lakukan sosialisasi di pasar-pasar, kepada difabel juga. Kita sampaikan, bahwa Pemilu sangat penting sebagai proses demokrasi di Indonesia yang akan menentukan roda pemerintahan yang akan datang," katanya.

Ketua DPRD Yunianto mengatakan hal senada, bahwa Pemilu sejatinya adalah sarana integrasi bangsa. Melalui sosialisasi seperti ini tentunya akan sangat mempengaruhi tingkat partisipasi pemilih dari seluruh warga Kabupaten Temanggung yang telah memiliki hak pilih. Ia pun mengapresiasi antusiasme dan semangat para peserta pawai. 

"Momentum ini mari kita sikapi dengan arif dan bijaksana, Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa, sehingga out come-nya bisa dinikmati seluruh warga, dan tingkat partisipasi masyarakat nantinya bisa maksimal. Kami selaku lembaga DPRD Kabupaten Temanggung sangat menaruh harapan yang baik kepada seluruh peserta Pemilu, agar hasil Pemilu yang akan digelar 14 Februari 2024 nanti akan sesuai dengan harapan bangsa, diperoleh hasil terbaik, bisa saling sinergis, bekerja sama untuk kepentingan bangsa dan negara Republik Indonesia," tandasnya.(MC.TMG/ary;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top