Iklan Layanan Masyarakat

Bupati Apresiasi Apel Taruna Siaga Bencana se-Jateng DIY

Minggu, 16 Jul 2023 16:00:27 298

Keterangan Gambar : Bupati Apresiasi Apel Taruna Siaga Bencana se-Jateng DIY


Temanggung, MediaCenter- Bupati Temanggung
HM. Al Khadziq, Ketua DPRD Yunianto, Dandim Letkol Inf Sriyono dan lain-lain menghadiri Apel Taruna Siaga Bencana (Tagana) se-Jawa Tengah dan DIY Tahun 2023, yang mengusung tema Peduli Sindoro Sumbing di Lapangan Lesbumi, Desa/Kecamatan Kledung, Temanggung, Minggu (16/7/2023). 

Pada apel dibentangkan bendera merah putih berukuran raksasa. Selain itu, juga dilaksanakan penanaman pohon di Wana Wisata Serbut River Camp. 

Bupati selaku pembina upacara dalam sambutannya mengapresiasi Apel dan Bakti Sosial Tagana. Ia berharap, dapat dilanjutkan di tahun-tahun depan, dan bisa berkontribusi positif, serta selalu bersinergi dengan pemerintah dalam penanggulangan bencana. 

“Konservasi tanah dan air akan memberikan dampak baik, sebab Temanggung merupakan salah satu kabupaten yang penggunaan lahannya untuk pertanian dan perkebunan dengan tanaman semusim. 
Masalah yang sekarang terjadi adalah berkurangnya sumber mata air, berkurangnya rimbunan dan pepohonan di lereng gunung, sehingga penanaman pohon harus dilakukan,” ujar Bupati. 

Menurut Bupati, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir telah ditanam ratusan ribu pohon untuk konservasi. Harapannya, ke depan gerakan konservasi tanah dan air terus dilanjutkan agar Kabupaten Temanggung semakin lestari. 

Keberadaan Tagana dan relawan sosial kebencanaan sangat penting untuk menjadi garda terdepan dalam memberdayakan masyarakat, dalam proses penanggulangan bencana sebagai personel  penanggulangan bencana yang terlatih. Tagana dan relawan kebencanaan akan mampu menjadi front guard dalam mitigasi bencana

“Pemkab Temanggung mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya untuk Tagana Jateng-DIY, seluruh relawan peserta kegiatan bakti sosial. Terlebih telah melakukan bakti sosial, menanam pohon atau melakukan konservasi,” tambahnya.

Pelaksanaan kegiatan bakti sosial Tagana Jateng-DIY dilaksanakan selama 3 hari. Diharapkan melalui kegiatan ini akan meningkatkan sinergitas antar anggota Tahana dengan Dinas Sosial kabupaten/kota maupun dengan kementerian. Tagana aktif dalam mitigasi bencana dan meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup. (MC.TMG/ary;tik;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top