Iklan Layanan Masyarakat

BRI Cabang Temanggung Bantu Pemerintah Salurkan Bansos

Kamis, 28 Des 2023 09:31:33 402

Keterangan Gambar : BRI Cabang Temanggung Bantu Pemerintah Salurkan Bansos


Temanggung, MediaCenter - BRI Cabang Temanggung bersinergi dengan pemerintah setempat dalam penyaluran Program Bantuan Sosial (Bansos), baik Sembako maupun Program Keluarga Harapan (PKH).

Pimpinan BRI Cabang Temanggung Puji Widiyati Nuryani menyampaikan, penyaluran bansos pada masyarakat oleh pemerintah dengan menunjuk Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

"Salah satu Himbara yang ditunjuk oleh Pemerintah yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang merupakan bank terbesar dan terpercaya di Indonesia," kata Puji Widiyati Nuryani, Rabu (27/12/2023).

Ia mengatakan, BRI Cabang Temanggung terus bersinergi dengan Pemerintah dan Dinas Sosial terkait dalam penyaluran bansos setiap periode penyaluran kepada KPM.

Disampaikan, program bansos sebagai salah satu program yang diberikan oleh Kementerian Sosial kepada masyarakat yang kurang mampu sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah terhadap masyarakat.

"Bantuan ini bertujuan  mensejahterakan masyarakat Indonesia, khususnya yang berada di Kabupaten Temanggung," tuturnya.

Puji Widiyati mengatakan, terbukanya informasi penyaluran bantuan sosial menjadi bentuk transparansi BRI dalam menyalurkan bantuan tersebut.

Dengan hadirnya Petugas Bansos, juga merupakan salah satu bukti nyata, bahwa BRI fokus dan konsisten dalam mensukseskan pemulihan ekonomi nasional.

Diterangkan penyaluran Bansos Sembako dan PKH dapat dinikmati oleh KPM dengan menggunakan kartu KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) yang difasilitasi oleh BRI, untuk selanjutnya kartu tersebut dapat digunakan di ATM dan Agen BRILink terdekat.

Apabila dana bantuan sosial tersebut telah cair, otomatis akan langsung ke rekening pribadi KPM penerima untuk selanjutnya dapat digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

"Dalam penyaluran program Sembako dan PKH, Petugas Bansos BRI Cabang Temanggung terjun langsung mengunjungi rumah - rumah KPM penerima bantuan," jelas Kepala BRI Cabang Temanggung.

Salah satunya, yaitu KPM yang memiliki keterbatasan fisik, seperti lansia dan penyandang disabilitas.

Dengan keterbatasan fisik yang dimiliki mengakibatkan penyaluran bantuan terhambat, namun Petugas Bansos secara aktif membantu memberikan kartu ATM, serta buku tabungan kepada KPM tersebut.

Selaras dengan tujuan BRI, dengan membuktikan komitmennya dalam berkontribusi secara nyata dalam mensejahterakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sementara itu, berdasar data  prosentase kemiskinan Kabupaten Temanggung terus berkurang. Pada tahun 2022 sebesar 9,33% dan pada 2020 sebesar 10,17%.

Pemerintah sendiri terus berjuang dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, dengan berbagai program peningkatan kapasitas dan kualitas, serta bantuan permodalan. (MC.TMG/Aiz;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top