Iklan Layanan Masyarakat

BPKPAD Optimalkan Tapping Box untuk Tingkatkan Pendapatan Pajak

Senin, 26 Jun 2023 13:36:49 2009

Keterangan Gambar : BPKPAD Optimalkan Tapping Box untuk Tingkatkan Pendapatan Pajak


Temanggung, Media Center - Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan, dan Aset Daerah (BPKPAD) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, berupaya mengoptimalkan pemakaian tapping box pada hotel dan restoran guna meningkatkan pendapatan pajak.

Kepala BPKPAD, Tri Winarno mengatakan, selain telah memasang 50 buah tapping box, pihaknya juga gencar melakukan sosialisasi dan pendekatan kepada pengusaha, terutama bagi tempat usaha yang telah dipasang tapping box untuk selalu mengaktifkannya.

Ia mengatakan, tapping box merupakan alat pemantau pajak untuk menghindari penyelewengan dengan merekam setiap transaksi yang dilakukan pada bisnis.

Cara kerja tapping box adalah dengan melakukan perbandingan antara total transaksi tempat usaha dengan jumlah pajak daerah yang harus dibayarkan.

"Kami sudah memasang 50 buah tapping box di hotel dan restoran, tetapi yang aktif baru 20 titik. Kami terus melakukan pendekatan kepada sejumlah tempat yang telah kami pasang alat perekam elektronik tersebut, tetapi tidak mengaktifkannya," katanya.

Menurutnya, pemasangan tapping box di 50 tempat usaha tersebut dengan pertimbangan berpotensi, karena cukup besar perputaran kegiatannya.

"Dari 20 tempat usaha yang dipasang tapping box tersebut sebagian besar yang telah mengaktifkannya adalah rumah makan," imbuhnya.

Tri Winarno mengatakan, ada beberapa alasan tempat usaha tidak mengaktifkan tapping box, antara lain kondisi kegiatan usahanya belum stabil. Kemudian mereka merasa tarifnya terlalu tinggi, padahal pajak sudah ditetapkan di Perda sebesar 10 persen dari nilai transaksi.

"Selain itu, mereka minta kalau bisa semua dipasang alat tersebut, tanpa kecuali. Kami juga melakukan kajian kalau potensinya tidak pas dari tipikal usahanya tidak dipasang, karena tidak efisien," pungkasnya.  (MC.TMG/fir;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top