Iklan Layanan Masyarakat

BPK Launcing Buku Membangun Kembali Indonesia dari Covid-19

Kamis, 21 Okt 2021 17:03:54 464

Keterangan Gambar : Ketua BPK Agung Firman Sampurna melaunching buku tersebut dalam rangka menyusun kajian perspektif jangka panjang mengenai kondisi, peluang, tantangan, dan resiko yang mungkin terjadi dalam konteks ini adalah pandemi. Kamis (21/10/2021).


Temanggung, MediaCenter – Inspektur Inspektorat Pemerintah Kabupaten Temanggung, Eko Suprapto, mewakili Bupati Temanggung mengikuti Grand Launching Buku Pendapat (Strategic Foresight) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dengan judul "Membangun Kembali Indonesia dari Covid-19 Skenario, Peluang dan Tantangan Pemerintah yang Tangguh" secara daring di Ruang Gajah, Kantor Bupati Temanggung, Kamis (21/10/2021).
 
Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Kepala BKPPAD Kabupaten Temanggung Tri Winarno dan Aulia Ade, Auditor Inspektorat Pemkab Temanggung.

Ketua BPK Agung Firman Sampurna melaunching buku tersebut dalam rangka menyusun kajian perspektif jangka panjang mengenai kondisi, peluang, tantangan, dan resiko yang mungkin terjadi dalam konteks ini adalah pandemi. 

Ia menyampaikan, 4 bagian atau skenario untuk tahun 2021-2026 yang pertama yaitu “Berlayar Menaklukan Samudra” (Merupakan Skenario Terbaik), (Respon Pemerintah Terhadap Krisis menjadi lebih efektif dan tingkat pandemi mereda), “Mengarungi Ditengah Badai” (Masyarakat beradaptasi dengan kehidupan sosial baru), (Respon Pemerintah Terhadap Krisis menjadi lebih efektif dan tingkat pandemi yang makin memburuk), “Tercerai Berai Terhempas Lautan” (Merupakan Skenario Terburuk), (Respon Pemerintah Terhadap Krisis menjadi lebih efektif dan tingkat pandemi yang makin memburuk), dan “Kandas Terlantar Surutnya Pantai” (Ditandai dengan meredanya pandemi namun respon pemerintah terhadap krisis kurang efektif). 

Reformasi kesehatan, reformasi pajak dan keseimbangan fiskal, visi dan kepemimpinan pemerintah, transformasi digital, tata kelola data dan kualitas sumber daya manusia adalah 5 tema yang perlu mendapat perhatian pemerintah guna membantu keberhasilan pemerintah dalam mengatasi pandemi dan krisis global dikemudian hari.

“Skenario yang disajikan dalam foresight BPK ini, bukanlah prediksi tentang masa depan, tetapi sarana untuk melihat kembali berbagai asumsi tentang masa depan. Masyarakat dan para pengambil keputusan dapat memantau indikator atau signpost yang berguna untuk mengidentifikasi skenario yang sedang menjadi realitas melalui website strategic foresight BPK dan menginspirasi pemerintah pusat dan daerah untuk memulai menerapkan strategic foresight,” tegas Ketua BPK. (MC.TMG/wl;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top