Iklan Layanan Masyarakat

Berharap Panen Sukses, Melalui Tradisi Ruwat Rigen

Minggu, 23 Jul 2023 09:12:02 434

Keterangan Gambar : Berharap Panen Sukses, Melalui Tradisi Ruwat Rigen


Temanggung, MediaCenter – Kecamatan Kledung melaksanakan Tradisi Ruwat Rigen, bertempat di Lapangan Lesbumi Kledung, Kecamatan Kledung, Temanggung, Sabtu (22/7/2023).

Tradisi Ruwat Rigen dihadiri oleh Ketua DPRD Yunianto, Komandan Kodim 0706 Letkol Inf Sriyono, Kepala Dinbudpar, Kepala Dinpermades, Camat Kledung, serta diikuti oleh masyarakat Kabupaten Temanggung.

Sejumlah 13 Desa se-Kecamatan Kledung mengirimkan kontingen untuk mengarak rigen dalam rangkaian kirab yang akan diruwat. Di samping itu, masing-masing desa juga membawa kendi dari mata air/sendang dari masing-masing desa yang digunakan untuk mensucikan Cacak. 

Basori, selaku Ketua Panitia Ruwat Rigen menjelaskan, kegiatan Ruwat Rigen dilaksanakan sebagai tradisi khusus bagi orang-orang yang bergelut di pertembakauan.

“Tujuan kita meruwat rigen adalah pertama kali sebelum panen raya semua petani membersihkan rigen dengan tujuan menghindarkan dari sesuatu yang tidak diinginkan,” tutur Basori. 

Ketua DPRD Temanggung, Yunianto dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan Ruwat Rigen dan kegiatan pensucian Cacak merupakan pertanda hati yang fokus pada Tuhan Yang Maha Esa, dengan harapan panen raya tembakau 2023 yang sukses.

“Lelampahan rinesik rigen lan ugi cacak, kanthi tirta suci minangka pratanda bilih manah kula lan panjenengan sedaya niat fokus tulus katur dumateng Allah SWT sareng-sareng nyadhong dedonga mugiya wonten ing warsa 2023 punika panen tembakau ingkang badhe dipun awali kirang langkungkipun wulan Agustus mugiya dados panen raya ingkang sukses, (Tradisi ruwat rigen dan pembersihan cacak dengan air suci, sebagai pertanda kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar pada tahun 2023 ini, panen tembakau yang dimulai Bulan Agustus diberikan kesuksesan),” tuturnya. 

Kegiatan tersebut juga dimeriahkan oleh berbagai kesenian daerah, serta diisi oleh stand-stand dari masing-masing desa se-Kecamatan Kledung. (MC.TMG/adi;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top