Iklan Layanan Masyarakat

Bekali Orang Tua Penerima Manfaat, BBRSPDI Temanggung Adakan Parent Training
Umum Sosial Kebudayaan Dan Pariwisata Pendidikan Ekonomi INSANIF PUSKOMKREF Sistem Informasi Desa (SID) PPID STATISTIK INFORMATIKA KOMUNIKASI KOMINFO Agenda OPD SEPUTAR TEMANGGUNG BERITA NASIONAL hoax terkini


admin 26 Mei 2019 122
Blog single photo

Temanggung, MediaCenter –Balai Besar Rehabilitasi Penyandang Disabilitas Intelektual (BBRSPDI) Kartini Temanggung melaksanakan kegiatan ‘parents training’ atau pelatihan/pembekalan orang tua wali Penerima Manfaat (PM) yang telah lulus, agar bisa melanjutkannya di rumah masing-masing dan dapat memberikan bekal yang bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat.
Kamis (23/5/2019), BBRSPDI Kartini Temanggung menggelar ‘parents training’ dan penyaluran PM tahun 2019 dengan tema “Dengan Semangat Inklusi Serta Dukungan Keluarga dan Masyarakat, Kita Wujudkan Kemandirian Penyandang Disabilitas Intelektual” di Aula Utama BBRSPDI Kartini Temanggung.
Dijumpai seusai acara, Kepala BBRSPDI Kartini Temanggung Murhardjani menjelaskan, bahwa pembekalan tersebut diberikan kepada orang tua penerima manfaat yang telah selesai menjalani rehabilitasi di BBRSPDI Kartini. "Kegiatan pembekalan kepada orang tua yang akan menerima anaknya kembali, karena telah dinyatakan selesai atau lulus menjalankan layanan rehabilitasi di BBRSPDI Kartini Temanggung," jelasnya.
Murhardjani menjelaskan untuk tahun 2019, sebanyak 75 PM telah selesai menjalani rehabilitasi dan akan dikembalikan kepada orang tuanya. Nantinya setiap PM mendapat bantuan kemandirian Rp2.000.000. “Bantuan kemandirian tersebut untuk menciptakan kesempatan kerja anak PM di rumah dengan usaha-usaha yang bernilai ekonomi produktif, yang tentunya akan bermanfaat bagi kehidupannya secara mandiri,” tandasnya.
Sebanyak 75 PM yang telah lulus tersebut berasal dari 32 kabupaten/kota, antara lain dari Papua, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. 
Kepala BBRSPDI Kartini Temanggung juga menambahkan, anak-anak penyandang disabilitas intelektual sebenarnya mempunyai potensi, akan tetapi potensi itu tidak akan muncul jika tidak didukung oleh peran aktif orang tua wali.
"Jika anak sudah di rumahnya masing-masing, saya minta orang tua wali untuk mendampingi dengan penuh kasih sayang karena setelah anak berada di rumah dan pemberian bantuan kemandirian telah diberikan, agar bisa dikembangkan bersama sebagai masa depan para PM," ujarnya.
Kepala Bidang Penyaluran Bimbingan Lanjut BBRSPDI Kartini, Ambarina Mardiati menambahkan dalam wawancara, bahwa pembekalan pada orang tua penerima manfaat ini dikemas dalam kegiatan "parent training" dan penyaluran penerima manfaat tahun 2019.
Ambarina Mardiati juga menuturkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan keluarga dalam berperan sebagai fasilitator, pembimbing, pendidik, dan instruktur. "Selain itu, memperkenalkan informasi yang penting terkait dengan kemampuan penerima manfaat purna rehabilitasi kepada orang tua," jelasnya. (MC TMG/Penulis, Foto: Agung, Editor:Ekape )

Recent Comments

Tinggalkan Komentar

Top