Iklan Layanan Masyarakat

Adakan Tes Urine Mendadak, BNNK Temanggung: ASN Harus Jadi Contoh Masyarakat dalam Perangi Narkoba

Sabtu, 15 Jun 2023 17:52:36 232

Keterangan Gambar : Adakan Tes Urine Mendadak, BNNK Temanggung: ASN Harus Jadi Contoh Masyarakat dalam Perangi Narkoba


Temanggung, MediaCenter - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Temanggung melakukan tes urine secara acak bagi ASN di lingkungan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo), serta Dinas Penanaman Modal (DPM) Kabupaten Temanggung, pada Kamis (15/6/2023) setelah pelaksanaan apel pagi di Basement Gedung Kantor DPM dan Dinkominfo Temanggung. 

AKBP Triatmo Hanardiyono, Ketua BNNK Temanggung menjelaskan, bahwa tes urine yg dilaksanakan merujuk pada Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). 

"Kegiatan hari ini merupakan implementasi dari Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN yang salah satunya itu mewajibkan institusi pemerintah tiga persen itu harus dilakukan tes urine. ASN ini kan harus menjadi contoh bagi masyarakat, jadi kalau ASN Pemerintahnya sudah bersih dari penyalahgunaan narkoba, InsyaAllah masyarakat itu akan mengikuti. Peran pentingnya di situ," tandas Ketua BNNK Temanggung. 

Tim BNNK mengambil sampel urine dari ASN Dinkominfo dan DPM secara acak. AKBP Triatmo menuturkan, bahwa tidak memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada OPD. Namun ditegaskan oleh AKBP Triatmo, bahwa BNNK bukan mencari orang yang mau menyalahgunakan, tetapi sebagai upaya deteksi dini penyalahgunaan narkoba. 

"Kita secara perlahan-lahan mewujudkan agar masyarakat Temanggung ini bebas dari penyalahgunaan narkoba. Terutama kan dimulai dari contoh yang ASN ini. Harapan kita adalah mengajak masyarakat untuk hidup sehat, jauh dari penyalahgunaan narkoba," imbuhnya. 

Ditambahkan oleh Kepala Dinkominfo Temanggung, Gotri Wijianto Wuriatmojo, ASN sudah semestinya memberikan contoh kepada masyarakat untuk terus memerangi dan membasmi narkoba. Kepala Dinkominfo berharap, di Kabupaten Temanggung tercipta ASN yang bersih, bebas dan sehat tanpa narkoba, berpikiran jernih, inovatif, semangat melayani masyarakat. 

"Kegiatan ini menurut kami adalah kegiatan yang positif, dalam rangka kita (Dinkominfo) dan kami selalu Kepala Dinas juga bisa tahu dan paham apabila ada anggota kami nanti yang positif tentunya ada pembinaan khusus. Jadi kita selaku ASN memang benar harus memberikan contoh, karena sebagai aparatur negara juga harus memerangi dan membasmi narkoba," tegasnya. (MC.TMG/nin;chy;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top