Iklan Layanan Masyarakat

82 Persen Penerimaan Pajak Negara untuk Pendidikan

Senin, 31 Jul 2023 09:05:26 414

Keterangan Gambar : 82 Persen Penerimaan Pajak Negara untuk Pendidikan 


Temanggung, MediaCenter - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Temanggung menggelar kegiatan Pajak Bertutur di SMP Negeri 2 Temanggung. Kegiatan yang diikuti siswa dan guru ini dipandu langsung oleh Tim Penyuluh Pajak KPP Pratama Temanggung. 

Para penyuluh menjelaskan mengenai pajak dan arti penting pajak. Dalam paparannya salah satu penyuluh, Ghufron Syarifudin menjelaskan, bahwa 82% penerimaan negara yang bersumber dari pajak, sebagian besarnya digunakan untuk dunia pendidikan. 

“82 persen penerimaan negara yang bersumber dari pajak sebagian besar digunakan untuk pendidikan. Peran pajak di bidang pendidikan salah satunya adalah pemberian beasiswa pendidikan dalam bentuk Program Indonesia Pintar, Beasiswa Indoensia Maju dan KIP-Kuliah,” ujarnya, Jumat (28/7/2023).

Ia juga menjelaskan manfaat lain dari pajak, yakni untuk pembangunan negara. Seperti pembangunan infrastruktur, kelestarian lingkungan dan lain sebagainya. Artinya, pajak yang ada nantinya dikembalikan untuk kepentingan masyarakat juga. 

“Selain itu, pajak juga berkontribusi pada pembangunan infrastruktur, mendukung pertahanan dan kemanan, menjaga kelestarian lingkungan hidup dan pariwisata dan membantu pemulihan akibat pandemi Covid-19,” katanya.

Sementara itu, Wakil Kepala SMP Negeri 2 Temanggung Istain, pada kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang terjalin ini. 

“Saya mewakili instansi mengucapkan terima kasih, sehingga para siswa tidak hanya belajar dengan guru mereka di sekolah, namun juga belajar pajak langsung bersama para pegawai pajak,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, Pajak Bertutur merupakan acara tahunan untuk memperingati Hari Pajak yang jatuh setiap tanggal 14 Juli. Diharapkan, dengan adanya Pajak Bertutur akan menambah kuat pondasi kesadaran pajak bagi generasi penerus. (MC.TMG/ary;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top