Iklan Layanan Masyarakat

665 Calon Jemaah Haji Kabupaten Temanggung Ikuti Manasik

Kamis, 18 Apr 2024 15:30:46 190

Keterangan Gambar : 665 Calon Jemaah Haji Kabupaten Temanggung Ikuti Manasik


Temanggung, Media Center - Pj. Bupati Temanggung, Hary Agung Prabowo membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Manasik Haji tingkat Kabupaten Temanggung Tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi, yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, bertempat di KBIHU Hall Babussalam NU INISNU Temanggung, Kamis (18/4/2024).

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Temanggung Fatchur Rochman menyampaikan, bahwa kegiatan manasik haji dibagi menjadi dua tahap, yaitu hari ini, Kamis (18/4/2024) dan Senin (29/4/2024). 

Adapun calon jemaah haji Kabupaten Temanggung mendapat prioritas keberangkatan di kloter pertama, sejumlah 352 calon jemaah haji dan kloter kedua, sejumlah 308 calon jemaah haji.

“Jemaah haji Kabupaten Temanggung tahun 2024 ini, totalnya 665 orang, terdiri dari 660 jemaah dan 5 Petugas Haji Daerah (PHD). Adapun calon jemaah laki-laki berjumlah 316 dan calon jemaah perempuan berjumlah 344, dan ada jemaah tertua yang berusia 93 tahun dan jemaah termuda, yaitu 20 tahun,” jelasnya.

Lebih lanjut, teknis keberangkatan calon jemaah haji Kabupaten Temanggung, seperti yang dikatakan Kepala Kantor Kemenag adalah calon jemaah haji masuk Asrama Haji Donohudan, Boyolali pada tanggal 11 Mei 2024, kemudian dilanjutkan pemeriksaan kesehatan, dan akhirnya berangkat ke tanah suci pada 12 Mei 2024.

Pj. Bupati dalam sambutannya, mengajak seluruh calon jemaah haji Kabupaten Temanggung untuk bersyukur kepada Allah SWT. Adapun pada tahun 2024 ini, bisa mendapat kesempatan berangkat ke tanah suci di kloter pertama dan kloter kedua.

“Ini suatu kebanggaan yang luar biasa untuk kita semuanya dan patut kita syukuri bersama. Oleh karena itu, saya berharap pada saat manasik haji untuk bisa hadir dan bersama-sama mengikuti, agar manasik haji ini bisa lancar,” ungkap Pj. Bupati. 

Pj. Bupati juga berpesan kepada seluruh calon jemaah haji yang mengikuti manasik haji untuk bercita-cita menjadi haji yang mabrur, yaitu haji yang diterima oleh Allah SWT.

Selain itu, menjadikan haji sebagai momentum untuk merenung tentang bagaimana kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik, bagaimana kita dapat berkontribusi lebih besar bagi masyarakat dan umat, serta lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dalam setiap aspek kehidupan kita.

“Saya ingin mengingatkan kepada kita semua, bahwa perjalanan haji bukanlah sekadar ritual ibadah, tetapi juga merupakan pembelajaran yang sangat berharga bagi kita semua. Melalui perjalanan ini, kita dapat belajar tentang kesabaran, ketabahan, keikhlasan, dan rasa syukur. Semua pelajaran tersebut sangat berharga untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik di tengah-tengah keluarga, masyarakat, maupun dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab kita masing-masing,” tandasnya.

Pj. Bupati juga berharap, jemaah haji Kabupaten Temanggung dapat selalu diberikan kesehatan, keselamatan, keikhlasan, dan kesabaran. Mulai dari proses awal manasik, hingga proses menjalankan ibadah haji. 

Dandim 0706 Temanggung, Letkol Inf Sriyono, Asisten I Setda Temanggung, Samsul Hadi, Kepala Dinkes Temanggung, Dr.Intan Pandanwangi, Direktur RSUD Temanggung, Kepala KUA se-Kabupaten Temanggung, Kepala IPHI Temanggung, Ketua FKBIHU dan seluruh calon jemaah haji turut hadir, sekaligus mengikuti kegiatan. (Will;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top