Iklan Layanan Masyarakat

3481 Warga di Temanggung Belum Rekam KTP-El

Sabtu, 16 Des 2023 09:59:10 273

Keterangan Gambar : 3481 Warga di Temanggung Belum Rekam KTP-El


Temanggung, MediaCenter – Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Temanggung, warga yang belum melakukan perekaman KTP-elektronik sebanyak 3481 orang. Dindukcapil menarget, pada akhir tahun 2023 ini, semua warga telah menjalani rekam dan memiliki KTP-El.

Kepala Dindukcapil Kabupaten Temanggung, Bagus Pinuntun mengatakan, pemilih itu berumur 17 tahun dan dibuktikan memiliki KTP-El, untuk dapat mencoblos. 

"Kami menarget perekaman bisa lekas selesai tahun ini atau awal tahun depan," kata Bagus Pinuntun, Jumat (15/12/2023) di Temanggung.

Ia mengatakan, Dindukcapil selaku leading sector yang membantu secara administratif, jangan sampai warga kehilangan hak suara, karena tidak memiliki KTP-El, meski telah berumur 17 tahun.

"Kami tidak ingin menghilangkan hak pilih warga negara, karena tidak memiliki KTP-El," tambahnya. 

Bagus menyampaikan, dari 3481 warga yang belum melakukan perekaman itu, terbagi menjadi tiga bagian, yakni di sekolahan sebanyak 500 orang. Kemudian, orang tidak sekolah dan mereka tinggal di desa-desa sebanyak 1200 orang. Warga yang belum rekam data sebelumnya 65 ribu warga.

"Sisanya adalah mereka yang sekolah di luar Kabupaten Temanggung, yang nanti pada 18 Desember sudah memasuki liburan dan akan kembali ke masyarakat," jelasnya.

Ia menerangkan, Dindukcapil terus melakukan komunikasi dengan Camat untuk bisa membantu menuntaskan daftar pemilih, setidaknya sampai akhir tahun.

Pihaknya mempercepat langkah-langkah, diantaranya berkomunikasi dengan berbagai pihak, terutama sekolah dan desa-desa untuk membantu dalam menyisir warga.

"Kami tetap bekerja melakukan perekaman meski di hari libur, " ungkapnya.

Dindukcapil juga akan menyurati dan komunikasi dengan KPU untuk membahas daftar pemilih, dan warga yang pindah domisili. Perlu ada sinkronisasi secara manual, sebab SIAK dan Sidalih belum terintegrasi.


 "Harapan kedepan sudah ada integrasi antara SIAK dan Sidalih, sebab ini memungkinkan," pungkasnya. (MC.TMG/Aiz;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top