MediaCenter

Wujudkan Temanggung Sehat, Empat Ratus Kader Ikuti Jambore Kesehatan

Senin, 21 Okt 2024 12:01:05 78

Keterangan Gambar : Empat Ratus Kader Ikuti Jambore Kesehatan


Temanggung, MediaCenter - Pj. Bupati Hary Agung Prabowo mengatakan permasalahan kesehatan yang timbul saat ini merupakan akibat dari perilaku hidup yang tidak sehat ditambah dengan sanitasi lingkungan, serta ketersediaan air bersih yang masih kurang memadai di berbagai tempat.

"Hal itu sebenarnya dapat dicegah, bila fokus terhadap upaya kesehatan, utamanya pada upaya promotif dan preventif dalam menumbuhkan kembangkan kemandirian keluarga dan masyarakat untuk perilaku hidup bersih dan sehat," kata Pj. Bupati pada jambore kader kesehatan yang digelar Dinas Kesehatan, Jumat (18/10/2024) di Halaman Pendopo Pengayoman. 

Jambore kader kesehatan dilaksanakan selama satu hari dan diikuti sekitar 400 peserta yang merupakan kader kesehatan di Kabupaten Temanggung, bersamaan dengan gelaran Lapak PKK. 

Pj. Bupati mengatakan, diperlukan langkah-langkah mewujudkan Temanggung Sehat. Langkah itu seperti peningkatan sarana prasarana dan jenis layanan kesehatan.  Menurunkan prevalensi balita gizi kurang dan gizi buruk dengan melibatkan lintas program lintas sektor dan pemberdayaan kader kesehatan di desa bersama masyarakat.

Langkah lain, yakni meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di seluruh tatanan institusi melalui advokasi bina suasana dan pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan peran pemerintah dunia usaha dan pembangunan kesehatan. 

Dikemukakan, langkah selanjutnya yakni menurunkan angka kesakitan dan kematian penyakit menular dan tidak menular melalui kompetensi tenaga kesehatan, kerja sama lintas program lintas sektor dan peran serta masyarakat.

"Langkah kelima, yakni melaksanakan manajemen pengelolaan pemerintah di bidang kesehatan yang efektif dan efisien," tandasnya. 

Pj. Bupati berharap, peserta dapat memanfaatkan  kegiatan jambore dengan sebaik-baiknya untuk memotivasi diri agar menjadi kader kesehatan yang berkualitas, berdaya guna dan berhasil guna, baik untuk diri sendiri, keluarga dan juga masyarakat. 

Semoga kader- kader kesehatan semakin bersemangat, guyub rukun dan kompak agar pekerjaan rumah kesehatan bisa diselesaikan dengan sebaik mungkin.

Pj. Bupati berpesan khusus bagi Dinas Kesehatan dan Puskesmas untuk memberikan peluang, serta kesempatan untuk berdaya, berkarya dan bekerja secara nyata dalam mendukung program pemerintah.

Ketua Dinkes dr. Intan Pandanwangi mengatakan, kader kesehatan punya peran yang sangat penting untuk peningkatan kesehatan di Kabupaten Temanggung, terlebih bagi kader kesehatan dalam menangani Posyandu.

"Mereka dituntut mempunyai 25 keterampilan dalam pengelolaan Posyandu. Apalagi kini Posyandu sudah terintegrasi atau siklus hidup, yakni Posyandu balita hingga lansia," jelasnya. 

Ia melanjutkan, lomba-lomba yang digelar diantaranya lomba yel-yel inovasi Posyandu dan cerdas cermat kesehatan. (Aiz;DS2;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top