Iklan Layanan Masyarakat

Wisata Embung Kledung Siap Dibuka dengan Penerapan Prokes

Selasa, 21 Des 2021 14:45:00 785

Keterangan Gambar : Di era New Normal, banyak tempat wisata di Kabupaten Temanggung yang dibuka kembali. Salah satunya destinasi wisata alam Embung Kledung yang terletak di Desa Kledung, Kecamatan Kledung, lokasi ini berjarak 20 kilometer dari pusat kota Temanggung.


Temanggung, MediaCenter – Di era new normal, banyak tempat wisata di Kabupaten Temanggung yang dibuka kembali. Salah satunya destinasi wisata alam Embung Kledung yang terletak di Desa Kledung, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, yang berjarak 20 kilometer dari pusat kota Temanggung. 

Embung yang terletak diantara Gunung Sindoro dan Sumbing ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tiket masuknya sangat terjangkau, hanya 5000 rupiah saja. Wisatawan bisa menikmati pemandangan yang indah dan para wisatawan juga bisa menikmati spot-spot foto yang suah disediakan oleh pengelola. 

Kembali dibukanya wisata Embung Kledung, para wisatawan berbondong-bondong mengunjungi destinasi alam tersebut. Meski jumlah wisatawan tidak sebanyak sebelum pandemi. Wisatawan yang berkujung sebagian besar adalah wisatawan lokal, ada juga beberapa wisatawan dari luar kabupaten Temanggung. 

“Selama pandemi, jumlah pengunjungnya tidak sebanyak dulu. Sebelum pandemi, biasanya di hari Senin-Jumat ada sekitar 50-an pengunjung, kalo hari Sabtu dan Minggu bisa sampai 400an pengunjung," ujar salah satu pengelola wisata alam Embung Kledung, Febri saat ditemui Senin (20/12/2021). 

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, pengelola tempat wisata alam ini mengimbau agar para wisatawan yang datang untuk menerapkan protokol kesehatan. Pihak pengelola juga menyediakan tempat untuk cuci tangan di pintu masuk tempat wisata. 

“Pengunjung diwajibkan memakai masker, mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan oleh pihak pengelola, diperiksa suhunya dan  diwajibkan untuk selalu menjaga jarak agar tidak berkerumun,” imbuhnya.

Saat ini tempat wisata alam Embung Kledung terus berkembang, pihak pengelola menambahkan fasilitas untuk menjadikan daya tarik wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar kabupaten Temanggung, seperti menyediakan beberapa spot foto dengan pemandangan Gunung Sindoro dan Sumbing. Pengelola juga meningkatkan ketersediaan taman dan fasilitas camping.
 
Tempat wisata ini juga menyediakan tempat untuk camping bersama teman atau keluarga di lokasi embung yang terbuka untuk umum. Para wisatawan cukup membayar biaya pendaftaran Rp.15.000 per orang, wisatawan juga bisa membawa tenda sendiri atau menyewa tenda dari pengelola dengan biaya Rp. 40.000 hingga Rp. 60.000, tergantung kapasitas tenda yang disewa.

“Tempatnya bersih, sejuk dan asri juga, tempat ini bisa menjadi rujukan para wisatawan untuk menghilangkan rasa penat,” ujar Lita (20), salah satu pengunjung dari Kendal, Jawa Tengah. (MC.TMG/Amla;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top