Iklan Layanan Masyarakat

Wabup: Dana Desa Dialokasikan Untuk Kemajuan Desa

Selasa, 26 Okt 2021 23:31:04 206

Keterangan Gambar : Wakil Bupati Temanggung R Heri Ibnu Wibowo menjadi narasumber dalam kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Desa yang diadakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermades) pada Selasa (26/10/2021) di Resto Omah Kebon Temanggung.


Temanggung, MediaCenter – Wakil Bupati Temanggung R Heri Ibnu Wibowo menjadi narasumber dalam kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Desa yang diadakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermades) pada Selasa (26/10/2021) di Resto Omah Kebon Temanggung.

Kegiatan dihadiri oleh Sekretaris Desa dari Kecamatan Kledung, Selopampang, Kandangan, Tretep, dan Parakan.

Dalam materi yang diberikan, Wabup menjabarkan beberapa poin penting dalam keberlangsungan kemajuan desa.

Wabup menegaskan, kemiskinan merupakan masalah bersama. Terlebih dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini, angka kemiskinan cenderung meningkat. 

“Jadi kemiskinan merupakan tanggung jawab kita semuanya, menjadi kewajiban kita semuanya, kita diberikan amanah, kita diberikan kepercayaan, untuk membantu orang lain, jadi saya mengingatkan mari bersama-sama kita ikhtiar dan berusaha untuk menuntaskan masalah kemiskinan,” ujar Wabup.

Wabup juga mengatakan, bahwa pentingnya pendataan warga miskin, salah satunya dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), tetapi data ini belum terlalu akurat, karena saat pendataan banyak yang belum dilibatkan, indikator-indikator yang terkait dengan kemiskinan bisa berbeda dengan indikator-indikator dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab).

“Maka harus dilakukan pendataan dengan baik dan benar agar bantuan-bantuan bisa disalurkan dengan cepat dan tepat,” imbuhnya.

Selain tentang kemiskinan, Wabup juga menjabarkan poin-poin penting untuk keberlangsungan kehidupan masyarakat desa yang lebih sejahtera, yakni penggunaan Dana Desa harus disalurkan dan digunakan untuk warga yang tidak mampu. 

“Kita mendorong adanya perputaran uang di desa agar dapat mensejahterakan masyarakat, potensi PKK harus dimanfaatkan agar membantu keberlangsungan program desa dan arah pembangunan yang jelas dan terintegrasi dengan desa lain,” tambahnya.

Wabup berharap, poin-poin yang sudah disampaikan dalam bimbingan tersebut dapat terlaksana dengan baik dan masyarakat desa, terutama masyarakat di Kabupaten Temanggung bisa lebih sejahtera, karena angka harapan hidup di Kabupaten Temanggung termasuk tinggi. (MC Tmg/Fn;Sv;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top