Iklan Layanan Masyarakat

Vaksinasi Covid 19 di Kabupaten Temanggung Resmi Dicanangkan

Senin, 25 Jan 2021 18:03:50 1055

Keterangan Gambar : Pencanangan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Temanggung.


Temanggung, MediaCenter – Pencanangan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Temanggung diawali oleh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan tokoh masyarakat di Pendopo Pengayoman Temanggung, Senin (25/1/2021).

Total sasaran vaksin Covid-19 di Kabupaten Temanggung sejumlah 473.327 orang dengan rincian tenaga kesehatan serta tenaga pendukung pelayanan kesehatan sejumlah 3.010 yang sudah terverifikasi.
Kabupaten Temanggung juga telah menyiapkan tenaga vaksinator terlatih sebanyak 1.491 dan juga fasilitas layanan kesehatan yang memberikan pelayanan vaksinasi di sejumlah 32 tempat, dengan rincian 26 Puskesmas, 4 Rumah Sakit dan 2 klinik, yaitu Kartika Kodim dan Bhayangkara Polres Temanggung.

Pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Temanggung akan dibagi dalam empat tahap. Tahap pertama untuk tenaga kesehatan dan pendukung pelayanan kesehatan, kedua adalah tenaga pelayanan publik, ketiga adalah untuk masyarakat yang rentan, dan keempat untuk lansia. Dengan masing-masing tahapan akan dilaksanakan dalam dua termin dengan tenggang waktu minimal dua minggu.

Dalam proses pencanangan, Bupati Temanggung M. Al Khadziq, mengatakan bahwa pada hari ini vaksin Covid-19 sudah terdistribusi keseluruh wilayah di Kabupaten Temanggung, tenaga kesehatan juga sudah dilatih untuk memberikan vaksin kepada seluruh masyarakat.

Bupati juga mengajak kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Temanggung untuk bersiap manakala tahapan vaksinasi sudah sampai kepada masyarakat. Bupati juga menegaskan bahwa lebih dari 70% masyarakat akan mendapatkan vaksin secara gratis tanpa dipungut biaya.

“Pencanangan vaksin hari ini sedianya akan dilaksanakan kepada sebanyak 10 orang, yaitu Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim, Sekda, Kepala BPBD, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. Namun, masih ada beberapa orang yang hari ini belum lolos dikarenakan tensi darah yang masih tinggi,” jelas Bupati.

Vaksin Covid-19 memberikan harapan baru bagi masyarakat Kabupaten Temanggung. Bupati berharap agar semua proses vaksinasi dapat dilaksanakan dan masyarakat dapat menerima vaksinasi dengan baik. Bupati juga berpesan agar masyarakat tidak termakan isu dan berita hoaks yang menakut-nakuti atau menyebutkan berbagai efek samping yang buruk dari vaksin Covid-19 ini.

“Dengan datangnya vaksin dan dengan kesiapan tenaga medis serta masyarakat untuk menerima vaksinasi, kita betul-betul berharap imunitas publik dapat terbentuk, sehingga virus ini menghilang dari masyarakat kita. Dengan imunitas yang baik, masyarakat kita dapat kembali seperti semula, dunia pendidikan, seni budaya, pariwisata dan dunia usaha dapat berjalan sebagaimana mestinya,” tambahnya.

Diakhir sambutannya, Bupati Temanggung juga menyampaikan dan menegaskan kepada masyarakat agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. 

“Meskipun vaksin Covid-19 sudah sampai di Temanggung, upaya pencegahan dengan menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker harus senantiasa dilaksanakan. Saya mengajak protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (MC TMG/Cahya;Ais;Ekape).

Pencarian:

Komentar:

Top