Iklan Layanan Masyarakat

Usung Pasarku Gandem, Temanggung Wakili Jateng ke Ajang PPD Tingkat Nasional 2024

Rabu, 20 Mar 2024 07:34:47 505

Keterangan Gambar : Suasana FGD PPD Tahap II di Pendopo Pengayoman


Temanggung, MediaCenter - Usai menjadi Juara 1 PPD Tingkat Provinsi Jawa Tengah, Pemkab Temanggung maju mewakili Jateng pada ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tingkat Nasional Tahun 2024 yang saat ini telah memasuki Penilaian Tahap II, yaitu wawancara dan Verifikasi Lapangan (Verlap) Inovasi "Pasarku Gandem", Selasa (19/3/2024) di Pendopo Pengayoman Temanggung. 

Pj. Bupati Hary Agung Prabowo hadir bersama jajaran Forkopimda, seluruh stakeholder perencanaan, Camat Parakan, Gemawang, Bansari, dan juga stakeholder non-perencanaan terkait Inovasi "Pasarku Gandem" Kabupaten Temanggung. 

Adapun Tim Penilai PPD Tahap II yang hadir secara langsung dalam Focus Group Discussion (FGD) yaitu Taufik Hanafi selaku Ketua Tim, Chairil Abdini Abidin Said selaku Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Kementerian Sekretariat Negara, Eka Chandra Buana selaku Direktur Perencanaan Makro dan Analisis Statistik, dan Rahmat Hidayat.

Pj. Bupati menjelaskan, bahwa tema yang diusung pada Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Temanggung 2024 adalah meningkatkan kualitas pembangunan manusia, pemulihan ekonomi, dan tata kelola pemerintahan yang baik. Dalam proses penyusunannya menampung aspirasi dari unsur Pemerintah Daerah, lembaga legislatif, Pemerintah Desa, masyarakat dunia usaha, akademisi, serta kelompok-kelompok masyarakat tertentu yang tergabung dalam multihelix.

"Pasarku Gandem adalah seluruh inovasi pembangunan pasar yang menggabungkan aspek kelengkapan fasilitas dan layanan publik, pemberdayaan masyarakat, dan digitalisasi pasar. Pengertian Gandem itu berasal dari Bahasa Jawa yang biasa digunakan oleh masyarakat di Kabupaten Temanggung dan memiliki arti bagus, istimewa, dan sangat memuaskan. Inovasi Pasarku Gandem dilaksanakan dengan melibatkan berbagai pihak," ungkap Pj. Bupati saat memberikan paparan.

Taufik Hanafi, mewakili Tim Penilai Utama dan Independen yang ditemui seusai acara FGD menyebutkan, bahwa sinergitas Pemerintah Daerah dengan seluruh stakeholder di Kabupaten Temanggung sudah terjalin dengan apik yang akhirnya menghasilkan program-program yang secara taktis dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya di Kabupaten Temanggung.

"Alhamdulillah, kami baru saja menyelesaikan sesi pagi dalam rangka pelaksanaan penilaian PPD, kami mewakili BAPPENAS bersama dengan tim tadi yang hadir secara luring dan daring, Alhamdulillah dalam sesi pagi ini langsung paparan oleh Pj. Bupati dan seluruh jajaran dari Pemkab Temanggung, dan berjalan dengan baik, lancar. Berbagai pertanyaan dari Tim Penilai, baik yang hadir secara luring, maupun daring, telah direspon secara tuntas, dan lengkap. Kami sangat senang, bahwa yang merespon ini dari seluruh OPD. Bahkan tadi, Ketua DPRD memberikan testimoni yang menunjukkan betapa eratnya komunikasi, kolaborasi, dan kerja sama dengan Pemerintah Daerah. Ini adalah salah satu kunci sukses daripada capaian-capaian tadi yang dipaparkan oleh Bapak Pj. Bupati," tuturnya.

Selain itu, Taufik Hanafi juga memberikan apresiasi kinerja Pembangunan Daerah di Kabupaten Temanggung yang didasarkan pada capaian-capaian yang telah direalisasikan, seperti penurunan angka kemiskinan ekstrem, penurunan angka stunting, peningkatan angka harapan hidup, dan peningkatan angka partisipasi sekolah.

"Capaian pembangunan daerah di Kabupaten Temanggung, mulai dari pertumbuhan ekonomi, penurunan angka kemiskinan, pemerataan di sektor pendidikan, kesehatan, ini semua tadi dijelaskan dengan sangat baik. Oleh karena itu, kami atas nama Tim Penilai dari Kementerian PPN/BAPPENAS menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas kinerja Pembangunan Daerah Kabupaten Temanggung yang sangat baik," tandas Taufik Hanafi.

Pj. Bupati Hary Agung Prabowo berharap, setelah pelaksanaan FGD wawancara hari ini, yang dilanjutkan dengan Verifikasi Lapangan yang akan dilaksanakan pada Rabu (20/03/2024) dengan mengunjungi tiga lokasi khusus, yaitu Pasar Pagi Gemawang, Pasar Pintar Bansari, dan Pasar Legi Parakan, dapat mengantarkan Kabupaten Temanggung untuk menjadi Juara 1 PPD Tingkat Nasional kembali. 

"Kepada Tim Penilai PPD Nasional, kami sangat berharap, bahwa kegiatan FGD, wawancara, dan Verifikasi Lapangan ini dapat memberikan informasi yang sangat jelas mengenai proses perencanaan pembangunan, inovasi yang dikembangkan, serta manfaat dan dampaknya bagi masyarakat, serta capaian pembangunan di Kabupaten Temanggung. Kami berharap, mudah-mudahan PPD kali ini, kami menjadi juara 1 tingkat nasional lagi," pungkas Pj. Bupati.

FGD Penilaian PPD Tahun 2024 sesi II berlangsung di tempat yang sama, yakni Pendopo Pengayoman Temanggung, dan dihadiri langsung oleh stakeholders non-perencanaan, yakni Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Temanggung, Indira Prasmini Agung Prabowo, perwakilan komisi-komisi DPRD Kabupaten Temanggung, tokoh agama, tokoh masyarakat, pelaku usaha, akademisi, rekan wartawan, LSM, Forum Anak, serta kelompok disabilitas. (nin;adi;ds2;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top