Iklan Layanan Masyarakat

Tingkatkan Penanganan Kegawatdaruratan, Dinkes Adakan Pelatihan BHD

Kamis, 24 Agu 2023 11:13:52 434

Keterangan Gambar : Tingkatkan Penanganan Kegawatdaruratan, Dinkes Adakan Pelatihan BHD


Temanggung, MediaCenter- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Temanggung menyelenggarakan rapat koordinasi lintas sektor dan pelatihan safety driving, evakuasi medis dan BHD PSC 119 di Aula Paradigma Sehat, Dinkes Temanggung, Rabu (23/8/2023). 

Public Safety Center (PSC) sebagai ujung tombak safe community adalah sarana publik/masyarakat yang merupakan perpaduan dari unsur pelayanan ambulans gawat darurat, unsur pengamanan (kepolisian) dan unsur penyelamatan. 


PSC merupakan penanganan pertama kegawatdaruratan yang membantu memperbaiki pelayanan pra RS untuk menjamin respons cepat dan tepat untuk menyelamatkan nyawa dan mencegah kecacatan, sebelum dirujuk ke rumah sakit yang dituju.


PSC 119 Kabupaten Temanggung adalah sebuah sistem penanggulangan pasien gawat darurat terpadu yang terdiri dari unsur, pelayanan pra rumah sakit, pelayanan di rumah sakit dan antar rumah sakit di seluruh Kabupaten Temanggung. 


Pelayanan berpedoman pada respon cepat yang menekankan time saving is life and limb saving, yang melibatkan pelayanan oleh masyarakat awam umum dan khusus, petugas medis, pelayanan ambulans gawat darurat dan sistem komunikasi. 


Kegiatan yang bertujuan untuk  meningkatkan SDM bagi tenaga kesehatan dan driver ambulance di Kabupaten Temanggung tahun 2023 ini dihadiri oleh 85 orang dari Dinkes, driver se-Kabupaten Temanggung dan berbagai instansi terkait.

Sementara itu, Sekretaris Dinkes Sanento Budi Setiawan yang membuka kegiatan tersebut  menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan SDM bagi pengemudi  ambulan se-Kabupaten Temanggung.

“Salah satu terkait penanganan gawat darurat adalah semakin cepat respon terhadap gawat daruratan, maka semakin besar untuk menyelamatkan pasien, tetapi tetap dengan safety driving, ada SOP-SOP yang harus ditaati bersama. Jangan sampai ketika kita melakukan evakuasi, kemudian membahayakan diri kita sendiri ,maupun pasien ataupun juga orang lain,” jelasnya. 

“Kegiatan ini dilaksanakan pada satu hari, Rabu dan para peserta akan memperoleh beberapa pelatihan dan dilatih oleh tim yang berkompeten di bidangnya,” imbuhnya. 

Dalam kegiatan tersebut turun dihadiri oleh Ketua Tim Standarisasi Pelayanan Kesehatan  Sri Surasi dengan materi Rekomendasi Ambulance, Tim   RSUD Temanggung  dengan materi Pelatihan evakuasi medis dan BHD (Bantuan Hidup Dasar), Tim Satlantas  yang dihadiri langsung oleh Kasatlantas Temanggung AKP Felix dengan materi safety driving. (MC.TMG/Eknu;DS2;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top