Iklan Layanan Masyarakat

Tingkatkan Kualitas Generasi Emas, Indira Ajak Ibu Baduta Pahami Pentingnya MP ASI

Rabu, 09 Mar 2024 08:53:39 397

Keterangan Gambar : Tingkatkan Kualitas Generasi Emas, Indira Ajak Ibu Baduta Pahami Pentingnya MP ASI


Temanggung, MediaCenter  - Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) Temanggung sukses menggelar Talkshow dan Pembagian Program Makanan Tambahan (PMT) Balita dalam rangka Hari Gizi Nasional (HGN) ke-64 di Balai Desa Samiranan, Kecamatan Kandangan, Temanggung, Sabtu (9/3/2024).

Turut hadir, Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Temanggung, Indira Prasmini Agung Prabowo, Camat Kandangan, Hari Nugroho, Kepala Desa Samiranan, Sih Mukharom, Kabid Pembinaan PAUD Dindikpora sekaligus narasumber, Tusi Indreswari, Staff Gizi Dinkes, Hastin Sutanti dan Ketua Panitia HGN, Novita Rizky beserta anggota PERSAGI Temanggung. 

Terhitung 55 ibu Baduta (anak bawah dua tahun) turut serta dalam acara yang bertemakan “MP-ASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting” ini. 

Dewi Saparini selaku narasumber kegiatan mengajarkan mengenai MP ASI Kaya Protein Hewani tidak mesti mahal, banyak sumber protein hewani yang terjangkau dan berkualitas untuk pemenuhan gizi selama masa tumbuh Baduta, agar mencegah stunting.

Indira berkesempatan membuka acara dan menyampaikan pesan kepada ibu Baduta akan pentingnya asupan gizi Balita, utamanya dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) agar mengoptimalkan tumbuh kembangnya. 

“Menyongsong Hari Gizi Nasional, momen ini menjadi refleksi bagi kita semua untuk meninjau kembali kebijakan dan praktik gizi di Indonesia, terutama dalam konteks pemanfaatan Pemberian Makanan Tambahan Lokal yang kaya protein hewani. Esensi dari Hari Gizi Nasional tidak hanya sebatas seremonial, tetapi juga sebagai ajang penyebaran kesadaran pentingnya PMT Lokal kaya protein hewani sebagai salah satu solusi dalam memperkaya asupan gizi Baduta, guna mendukung terbentuknya generasi emas,” tandas Indira.

Novita Rizky selaku Ketua Panitia HGN menjelaskan, alasan perayaan HGN dengan talkshow dan pembagian PMT Balita berupa sempol nasi ayam sayur dan pais pisang labu kuning ini dilaksanakan di Desa Samiranan, Kecamatan Kandangan.

“Dalam perayaan Hari Gizi Nasional, PERSAGI Temanggung mengambil tema PERSAGI Wujudkan Misi, Cegah Stunting, Perkuat MP ASI. Hal ini merupakan langkah konkret PERSAGI sebagai ahli gizi untuk lebih berkontribusi mencegah naiknya angka stunting di Temanggung, khususnya wilayah Desa Samiranan, Kecamatan Kandangan yang saat ini angka stuntingnya meningkat sebesar 1.41 poin dari 12.41% (Januari, 2024) menjadi 13.82% (Februari, 2024),” jelasnya. (Dew;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top