Iklan Layanan Masyarakat

Tingkatkan Ekonomi Warga, Pemdes Keblukan Berikan Bantuan Hewan Ternak

Senin, 13 Des 2021 19:24:04 643

Keterangan Gambar : Bupati Temanggung menyerahkan secara simbolis Hewan Ternak Kepada Warga Desa Keblukan Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung , Senin (13/12/2021). 


Temanggung, Media Center - Bupati Temanggung HM Al Khadziq hadir dalam kegiatan Pelatihan Peningkatan Produksi Peternakan Rumah Tangga Guna Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Desa yang bertempat di Balai Desa Keblukan, Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung, Senin (13/12/2021). 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Heri Kardono, Perwakilan Kapolres Temanggung, Camat Kaloran, Kepala Desa Keblukan, Perangkat Desa Keblukan, dan peserta pelatihan. 

Pemerintah Desa Keblukan membagikan bantuan binatang ternak rumah tangga berupa sapi dan kambing kepada warga Desa Keblukan yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati dan berlanjut dengan kegiatan pelatihan terkait pemeliharaan dan pengelolaan peternakan. 

Bupati mengapresiasi yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Keblukan dalam menggunakan dana desa untuk mengembangkan pembangunan ekonomi dengan membuat peternakan rumah tangga. Dana desa yang setiap tahunnya meningkat, belum bisa mengatasi kemiskinan di desa. Untuk itu, dalam sambutannya, Bupati mengatakan, penggunaan dana desa harus digunakan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa, pembangunan fisik juga harus ditingkatkan dan seimbang. 

“Pembangunan ekonomi masyarakat, pembangunan pendidikan pada warga masyarakat, pembangunan lingkungan hidup sangat penting. Pembangunan peternakan ini rupanya menyeimbangkan, bagaimana pembangunan fisik dan bagaimana pembentukan ekonomi masyarakatnya,” ungkap Bupati. 

Selanjutnya Bupati menambahkan, pembangunan ekonomi masyarakat adalah suatu investasi yang jauh lebih menguntungkan.

Dengan didukungnya pendidikan dan pelatihan yang diberikan kepada masyarakat untuk meningkatkan skill dan keterampilan guna mengelola pembangunan ekonomi yang dibentuk dari dana desa tersebut. Tidak hanya itu, jiwa kewirausahaan juga harus ditanamkan dan dibentuk, seiring dengan skill dan keterampilan yang dimiliki oleh masyarakat.

“Kalo sudah bisa memproduksi, kemudian punya wawasan managemen akutansi dan pemasaran, maka usahanya diharapkan juga akan semakin bagus,” tegasnya

Bupati berharap, dengan adanya bantuan yang diberikan tersebut dapat berkembang dan dapat menjadi contoh positif bagi desa-desa lainnya.

Keputusan Pemerintah Desa Keblukan dalam mengambil langkah guna meningkatkan pembangunan ekonomi masyarakat, juga dapat menjadi acuan dan contoh desa-desa lainnya dalam mengembangkan ekonomi desa. Kemudian membangun pendidikan masyarakat desa, dan membangun kesejahteraan desa. 

“Sekarang, tugas yang berikutnya, memajukan ekonomi, mencerdaskan kehidupan warga desa, ikut melaksanakan ketertiban, gotong royong, kebersatuan warga desa, persaudaraan kita tingkatkan semuanya. InsyaAllah dengan demikian, Keblukan akan menjadi desa yang maju, masyarakatnya akan semakin sejahtera, pemerintah desanya kuat, masyarakatnya kuat,” pungkasnya. (MC.TMG/wl;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top