Iklan Layanan Masyarakat

Tak Hanya Manusia, BPBD Temanggung Evakuasi Sapi Tercebur Sumur

Minggu, 10 Sep 2023 14:40:01 283

Keterangan Gambar : Tak Hanya Manusia, BPBD Temanggung Evakuasi Sapi Tercebur Sumur


 Temanggung, Media Center - Tak hanya penyelamatan pada manusia, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung juga melakukan penyelamatan pada hewan yang terancam nyawanya.

Penyelamatan pada hewan ini dilakukan tim BPBD Kabupaten Temanggung pada Kamis (7/9/2023) siang, pada sapi milik Bin Slamet di Dusun Ngrancang RT 01 RW 03 Desa Bojonegoro, Kecamatan Kedu.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Toifur Hadi mengatakan, petugas piket mendapatkan informasi dari warga, adanya sapi lepas dari kandang dan tercebur ke sumur yang ada di dekat kandang.

"BPBD Kabupaten Temanggung menurunkan tim untuk melakukan evakuasi sapi yang tercebur di sumur," katanya.

Ia mengatakan, evakuasi dengan cara petugas turun ke dalam sumur untuk selanjutnya mengaitkan tali pada tanduk. Petugas BPBD, relawan, dan warga selanjutnya menarik tali tersebut untuk mengeluarkan sapi keluar dari sumur yang berkedalaman beberapa meter tersebut.

Dikatakan, sapi akhirnya bisa dikeluarkan dari sumur dalam keadaan selamat, untuk selanjutnya akan mendapat pemeriksaan untuk memastikan kesehatannya. 

"Kami telah berhasil mengeluarkannya, pemilik selanjutnya memeriksa kesehatannya, apakah terluka atau tidak," imbuhnya.

Toifur menambahkan, sumur masih dalam satu komplek dengan kandang, sehingga diduga saat sapi terlepas lantas masuk ke sumur. 

"Pada warga kami mengimbau untuk memberi pagar pada sumur, agar ternak tidak masuk ke dalamnya juga demi keselamatan manusia," katanya. 

Ia mengatakan, BPBD tidak hanya melakukan penyelamatan pada manusia dalam kebencanaan, tetapi juga pada hewan. (MC.TMG/Aiz;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top