Iklan Layanan Masyarakat

Smart Governance Menuju Harapan Baru untuk Indonesia Maju

Jumat, 25 Agu 2023 18:05:06 428

Keterangan Gambar : Smart Governance Menuju Harapan Baru untuk Indonesia Maju


Temanggung, MediaCenter - Bupati Temanggung yang diwakili oleh Kepala Dinas Kominfo, Gotri Wijianto Wuriatmojo, beserta Tim Smart City Kabupaten Temanggung mengikuti Webinar Pengembangan Smart City dengan Tema "Smart Governance Menuju Harapan Baru Untuk Indonesia Maju" di Ruang Bidang TIK Dinas Kominfo Lantai 4, Kamis (24/8/2023). 

Guna mewujudkan transformasi Pemerintahan Cerdas atau Smart Governance melalui Smart City, Smart Living, dan Surveilance, beberapa poin penting yang dibahas dalam Webinar tersebut adalah tersedianya layanan darurat atau Call Center 112 melalui Jasnita, serta pengembangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), seperti Smart Service, Smart Society, Smart Living, dan Smart Infrastucture. 

"Hasil webinar hari ini, tadi dari Kemenkominfo bersama Jasnita mengamanatkan bahwasanya nomor layanan 112 untuk dikelola oleh Pemerintah Daerah. Emergency 112 ini mengintegrasikan semua nomor-nomor layanan yang ada di masyarakat, misalnya 110 itu Kepolisian, kemudian 119 itu Ambulance Kemenkes ya, ada juga 113 itu dari Pemadam Kebakaran. Intinya, dalam tatanan Smart City ini masyarakat tidak perlu repot menghafal banyak nomor. Cukup dengan 112 ini kita sebagai operator di Pemerintah Daerah yang akan menghubungkan sesuai dengan kepentingan-kepentingan masyarakat," tandas Kepala Dinkominfo Temanggung. 

Tujuan utama dilaksanakannya Smart City pada setiap Kabupaten/Kota di Indonesia adalah untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Adapun keuntungan dari pengaplikasian Smart Governance adalah peningkatan efisiensi dengan penggunaan teknologi, transparansi akses data yang mudah bagi masyarakat, serta peningkatan interaksi, dengan masyarakat dapat memberikan feedback atau umpan balik melalui kanal-kanal yang disediakan untuk kemudian dapat menjadi bahan pertimbangan Kepala Daerah dalam pengambilan keputusan. 

"Harapan dengan adanya Smart City ini kedepannya semua Pemerintah Daerah dapat menyelenggarakan sinergi layanan emergency 112 ini untuk memudahkan masyarakat dalam segala hal yang dapat diampu oleh kewenangan Pemerintah Daerah. Terkait dengan perkembangan Smart City di Kabupaten Temanggung target di tahun 2023 ini kita menyelesaikan arsitektur SPBE, kemudian kita tindak lanjuti dengan bangunan Smart City, Smart Governance, Smart Society, Smart Living, Smart Branding, dan lain sebagainya. Target pelaksanaan nanti di tahun 2024, mohon doa dan kerjasamanya untuk target 2024 minimal kita sudah bisa sinergi layanan emergency 112 dan layanan kemudahan Smart City yang ada di Temanggung," pungkasnya. (MC.TMG/nin;adi;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top