Iklan Layanan Masyarakat

Siswa Belajar Demokrasi dan Kepemiluan di Graha Pintar Pemilu

Senin, 23 Okt 2023 14:58:21 406

Keterangan Gambar : Siswa Belajar Demokrasi dan Kepemiluan di Graha Pintar Pemilu


Temanggung, Media Center - Siswa SMP Negeri 6 Temanggung, Jawa Tengah belajar berdemokrasi dan kepemiluan di Graha Pintar Pemilu di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Senin (23/10/2023). 

Melalui pembelajaran sebagai implemetasi profil pelajar Pancasila ini para siswa diharapkan menjadi pemilih yang cerdas dan berintegritas.

"Kita memberikan gambaran-gambaran bagaimana sejarah dari Pemilu ke Pemilu, kemudian bagaimana teknis dalam pemungutan suara di TPS dan petugas-petugasnya, kemudian bagaimana cara mencoblos yang dijamin kerahasiannya, kemudian memberikan kotak suara sampai selesai," kata Ketua KPU Temanggung, Muhammad Yusuf Hasyim.

Ia mengatakan, pada kegiatan ini para siswa diajak berkeliling dan melihat informasi kepemiluan yang terdapat di Graha Pintar Pemilu, seperti infografis sejarah Pemilu, sejarah Komisi Pemilihan Umum, data kepemiluan, dan informasi hasil Pemilu dari tahun ke tahun.

Selain itu, mereka juga diajak untuk melihat langsung tempat pemungutan suara Pemilu atau TPS. Di tempat itu, siswa mempraktekkan menggunakan hak pilihnya, mulai dari mengisi daftar hadir, menerima surat suara, mencoblos surat suara di bilik suara, memasukkan surat suara, serta mencelupkan jari ke dalam tinta sebagai tanda bukti telah menggunakan hak pilih.

"Ini penting disampaikan tahapan-tahapan Pemilu kepada anak-anak sebagai pembelajaran profil pelajar Pancasila," imbuhnya.

Guru pembimbing SMP Negeri 6 Temanggung, Hanif Ramadani mengatakan, dengan mengetahui kepemiluan dan bagaimana tata cara menyalurkan hak pilih, para siswa diharapkan dapat menyelenggarakan Pemilu yang paling sederhana di tingkat sekolah, yaitu Pemilihan Ketua OSIS.

"Jadi anak-anak punya gambaran secara langsung, di sini bisa melihat prosesnya pemilihan umum itu seperti apa?, tadi sudah disampaikan ketua KPUnya, jadi anak-anak diberi kesempatan masuk setiap ruang, jadi mulai dari pendaftaran sampai ke pencoblosan," katanya. (MC.TMG/fir;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top