Iklan Layanan Masyarakat

Seratus Tujuh Siswa SDN 2 Kertosari Antusias Menari dalam AKSI SDARI

Minggu, 25 Feb 2024 07:41:41 99

Keterangan Gambar : Seratus Tujuh Siswa SDN 2 Kertosari Antusias Menari dalam AKSI SDARI


Temanggung, Media Center - SD Negeri 2 Kertosari, Kabupaten Temanggung mengadakan kegiatan Gelar Karya yang dinamakan Ajang Kreativitas Seni dan Internalisasi Karakter di SD Negeri 2 Kertosari (AKSI SDARI) di Halaman Sekolah setempat, Sabtu (24/2/2024).

Kepala SDN 2 Kertosari, Asih Pujiariani menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut selain memupuk minat bakat siswa juga untuk penguatan nilai-nilai karakter. Hal tersebut diharapkan seluruh siswa-siswi SDN 2 Kertosari menjadi pelajar Pancasila yang cerdas, berkarakter dan mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat.

"Ini adalah bagian dari kurikulum yang kami laksanakan yang mempunyai porsi perhatian yang sangat besar terhadap penguatan karakter. Itu menjadi fokus kami dalam pendidikan, tidak hanya kecerdasan tetapi juga lebih ke arah karakter," ungkapnya, Selasa (24/2/2024).

Selain dari muatan pelajaran, di kurikulum Merdeka terdapat proyek penguatan profile pelajar Pancasila dengan tema tertentu. Maka dari itu, SDN 2 Kertosari mengambil tema kewirausahaan dan kebhinekaan. Dalam tema kebhinekaan diimplementasikan dengan pementasan seni tari, sedangkan dalam kewirausahaan dibuatlah pameran, dengan setiap stand dari tiap kelas ada produk UMKM, baik dari wali murid, maupun masyarakat sekitar.

Pementasan pertunjukan seni tari yang ditampilkan berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Tarian adat yang dipentaskan oleh seluruh siswa-siswi tersebut diantaranya tarian dari pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, serta Papua.

"Karena di sekolah kami, ada 6 kelas dan masing-masing kelas mewakili budaya setiap pulau dan harapannya dengan melalui pementasan tersebut, mereka juga paham keluhuran budaya bangsa Indonesia," pungkasnya.

Lurah Kertosari, Suharti menambahkan, kegiatan ini tidak hanya warga SDN 2 Kertosari saja, akan tetapi seluruh masyarakat Kelurahan Kertosari juga turut membantu, baik moril, maupun materiil, sehingga kegiatan AKSI SDARI dapat terlaksana dengan lancar. 

Disamping pameran dan pentas pertunjukan, dalam Gelar Karya kali ini, juga bekerjasama dengan warga sekitar serta LAZISNU, sehingga terdapat stand makanan, UMKM, cek kesehatan, serta bazar sembako.

"Semoga putra-putri kita, setelah lulus dari SD, SMP, SMA selalu teringat dan lebih banyak berkreasi, karena putra-putri kita merupakan generasi tunas bangsa yang akan memberikan sumbangsih pada negara kita," tandasnya. (MC.TMG/Cahya;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top