Iklan Layanan Masyarakat

Sentra Kartini Temanggung Hibur Anak-anak Down Syndrome Lewat Dongeng

Sabtu, 23 Mar 2024 13:39:33 444

Keterangan Gambar : Sentra Kartini Temanggung Hibur Anak-anak Down Syndrome Lewat Dongeng


Temanggung, Media Center  - Sentra Terpadu Kartini di Temanggung di bawah Kementerian Sosial menggelar peringatan Hari Down Syndrome Dunia tahun 2024. 

Anak-anak penyandang down syndrome mendapat hiburan berupa dongeng untuk memotifasi dan melatih motorik mereka.

Kepala Sentra Terpadu Kartini Temanggung, Iyan Kusmadiana menjelaskan, pihaknya menggelar peringatan down syndrome dunia yang bertepatan dengan Ramadan. Peringatan tersebut digelar bagi anak-anak berkebutuhan khusus down syndrome.

Selama ini, ada yang memberikan stereotype terhadap mereka. Bahkan ada yang menganggap mereka sebagai beban.

"Kita mendorong untuk mengakhiri stereotype itu. Mereka harus diperlakukan sebagai anak-anak yang mempunyai potensi. Seperti halnya anak lainnya," katanya, Jumat (22/3/2024) sore.

Menurutnya, anak-anak berkebutuhan khusus mempunyai hak dan harapan masa depan. Hal tersebut secara inklusi harus dilayani sebaik-baiknya. 

Dalam kegiatan ini, pihaknya juga membagikan 21 paket nutrisi kepada anak-anak peserta event ini. Pihaknya berharap, setelah kegiatan ini dapat memberikan sosialisasi kepada masyarakat, bahwa anak-anak yang mempunyai down syndrome adalah anak-anak yang berbakat dan mempunyai prestasi.

"Kita lihat bagaimana tadi dia bisa membatik dengan baik. Ke depan kita akan lanjutkan dalam kegiatan lain. Kita ingin ada sedikit tempat, Sentra Kreasi Atensi. Sebagai tempat bagi mereka untuk melatih kreatifitas mereka," ungkapnya.

Mendongeng adalah salah satu bagian atau metode untuk menyampaikan informasi atau memberikan motifasi bagi anak-anak. Pihaknya mendatangkan pendongeng, Kak Lukman dari Temanggung. (Fir;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top