Iklan Layanan Masyarakat

Satres Narkoba Polres Temanggung Gencarkan P4GN di Kalangan Siswa SD

Kamis, 31 Agu 2023 20:31:38 383

Keterangan Gambar : Satres Narkoba Polres Temanggung Gencarkan P4GN di Kalangan Siswa SD


Temanggung, Media Center - Satres Narkoba Polres Temanggung gencarkan bimbingan penyuluhan (binluh) Program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di lingkungan sekolah.

Diantara binluh adalah pada siswa SDN 1 Balesari Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung. Binluh di kalangan SD ini sebab penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika telah menyentuh siswa sekolah dasar di Kabupaten Temanggung 

Kasat Narkoba Polres Temanggung AKP Mohammad Luqman Effendi mengatakan, Satres Narkoba tidak hanya bertugas dalam pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran narkotika dengan penangkapan.

"Resnarkoba juga berikan sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Ini kami lakukan pada semua elemen, termasuk siswa sekolah dasar," katanya, Kamis (31/8/2023). 

AKP Mohammad Luqman mengatakan, sosialisasi disesuaikan dengan tingkat dan sasaran. Sosialisasi pada siswa SD tentu berbeda dengan SMP, SMA atau masyarakat luas, maupun komunitas tertentu.

Untuk bentuk kegiatan di kalangan siswa SD lebih pada pemahaman secara umum berikut dampak-dampaknya bagi siswa. Siswa juga diminta untuk berhati-hati bila ada jajanan atau barang yang mencurigakan yang dijajakan oleh orang yang tidak dikenal. 

"Penjual narkotika menggunakan berbagai trik untuk memasarkan, produknya pun bervariasi disesuaikan dengan segmen pasar. Ini perlu dikenalkan agar siswa SD paham dan menjauh, serta melaporkan pada guru atau orang tua," jelasnya.

Kaur Bin Opsnal Satres Narkoba Polres Temanggung Ipda Deni Susiana mengatakan program P4GN diikuti 40 murid SDN 1 Balesari. Selain dari Satres Narkoba sebagai pemateri juga dari guru SDN 1 Balesari.

"Adapun peserta juga dari guru dan perangkat Desa Balesari," katanya.

Ia mengatakan, siswa, guru dan perangkat desa untuk mengenal dan memahami jenis narkotika dan miras, serta bahaya yang ditimbulkan bila mengkonsumsinya.  

"Dampak mengkonsumsi, kami sampaikan termasuk ancaman hukuman bagi pelaku tindak pidananya," imbuhnya. 

Diharapkan setelah sosialisasi, murid SDN 1 Balesari jangan sampai menjadi korban ataupun pelaku penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang.

"Sosialisasi ini termasuk guna menyiapkan generasi pelajar Indonesia bebas dari narkotika," ungkapnya.

Kepala SDN 1 Balesari Rubadi menyampaikan apresiasi pada Res Narkoba Polres Temanggung yang telah melakukan sosialisasi P4GN pada siswanya. 

"Pemahaman siswa ini akan tersebar melalui teman-teman sebaya dan keluarga. Kami sangat berterimakasih. Sosialisasi ini sangat bermanfaat untuk masa depan siswa dan Indonesia," katanya.

Kades Balesari Jumariyah mengatakan, Pemerintah Desa Balesari turut aktif dalam program P4GN. Kedepan sosialisasi akan lebih diintensifkan pada pertemuan, baik di tingkat desa sampai RT.  (MC.TMG/aiz;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top