Iklan Layanan Masyarakat

Raya, Pelajar Temanggung Raih Juara Matematika Internasional di China

Selasa, 02 Apr 2024 07:43:35 147

Keterangan Gambar : Raya, Pelajar Temanggung Raih Juara Matematika Internasional di China


Temanggung, MediaCenter - Prestasi membanggakan tingkat internasional kembali ditorehkan oleh pelajar asal Temanggung. Kali ini, prestasi diukir Anantacetta Reugra Abiraya siswa kelas III SD Al Kautsar Temanggung yang berjaya dalam ajang Greater Bay Area Mathematical Olympiad Final Round 2024 di Macau, China. 

Anak kelahiran 2 Maret 2015 yang bercita-cita masuk Akademi Kepolisian (Akpol) ini mendapatkan 3nd prize award (bronze medal), dalam Final Round Mathematical Olympiad 2023-2024 in Macau pada 14-19 Maret 2024. Ia berhasil meraih posisi tersebut setelah berkompetisi dengan pelajar dari berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Filiphina, dan China. 

"Iya saya memang senang matematika, sebelum di Macau sudah banyak ikut kompetisi dan juara di Semarang, Jogja, Jakarta. Pas di Macau kemarin ikut lomba seru banyak teman dari negara lain. Saya persiapan ikut les dan latihan soal, setiap hari itu latihan soal belajar tiga jam," ujarnya, usai bertemu Pj. Bupati Hary Agung Prabowo, di ruang kerja Pendopo Jenar, Senin (1/4/2024). 

Hebatnya, putra dari Notaris Ajeng Primiana ini, meski baru saja pulang dari China tak lantas istirahat. Pasalnya, ia akan kembali berkompetisi di tingkat internasional, yakni IMEC and JEO International Global Round di Sydney Australia pada 14 April 2024 mendatang. 

Ajeng Primiana, ibu dari Raya mengatakan, memang sejak kecil anaknya sudah suka pelajaran berhitung, biologi dan bahasa Inggris. Melihat minat anaknya, kemudian dimasukkan dalam kursus sempoa, bahasa Inggris. Setelah masuk SD bakatnya semakin terasah dan terus dikembangkan dengan dorongan orang tua, dan gurunya. 

"Memang kalau ada kompetis, Raya ikut, tapi tidak semata-mata, karena ingin anak kita menang, tapi biar si anak ini punya mental bertanding. Hal itu diasahnya dari pertandingan-pertandingan. Lebih dari 20 pertandingan dia selalu juara dan berani mencoba ikut yang internasional. Kalau yang ke Macau itu persiapan 3 bulan setiap hari dril soal," katanya. 

Pj. Bupati Hary Agung Prabowo mengapresiasi prestasi Raya, atas prestasi di Macau dan memberikan doa restu untuk lomba yang akan ditempuh di Sydney, Australia. Talenta anak Temanggung, harus disuport agar ke depan anak-anak Temanggung menjadi generasi unggul, sehingga ke depan bisa memajukan Temanggung, bangsa dan negara. 

"Atas nama pemerintah dan masyarakat Temanggung, saya mengapresiasi prestasi salah satu anak kita di SD Al Kautsar mendapat perunggu di tingkat internasional di Macau. Ini prestasi membanggakan bagi Kabupaten Temanggung. Maka talenta-talenta yang harus kita suport dan saya yakin banyak anak Temanggung yang berprestasi, nanti tinggal bagaimana kolaborasi, transparansi kita bersama antara Pemkab Temanggung dengan unsur dunia pendidikan," katanya. 

Ketua Yayasan Al Kautsar Temanggung M. Kurniawan menuturkan, Raya memang memiliki bakat, minat, potensi di bidang matematika, sains. Selain itu, karena lombanya internasional, ia juga memiliki minat di bidang bahasa Inggris. Ilmu matematika dan sains merupakan salah satu dasar untuk pembangunan anak-anak ke depan, karena sains, teknologi, engineering dan matematika satu bidang ilmu yang harus benar-benar dikuasai generasi sekarang. Apa yang diraih Raya diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi siswa dan sekolah lain.(ary;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top