Iklan Layanan Masyarakat

Ratusan Akseptor Antusias Ikuti Baksos Layanan KB

Selasa, 15 Feb 2022 15:07:54 726

Keterangan Gambar : Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Temanggung dan Pimpinan Cabang Muslimat Nahdlatul Ulama (PC Muslimat NU) Kabupaten Temanggung menggelar Bakti Sosial (Baksos) Layanan Keluarga Berencana (KB), Selasa (15/2/2022).


Temanggung, Media Center - Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Temanggung dan Pimpinan Cabang Muslimat Nahdlatul Ulama (PC Muslimat NU) Kabupaten Temanggung menggelar Bakti Sosial (Baksos) Layanan Keluarga Berencana (KB), Selasa (15/2/2022).

Baksos Layanan KB yang digelar di Panti Asuhan Darul Hadhonah Putra, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung tersebut diikuti lebih dari 300 akseptor, baik baru, maupun penggantian dengan alat kontrasepsi baru. Baksos ini sebagai rangkaian Harlah Muslimat NU tahun 2022.

Kepala DPPKBPPPA Sri Endang Praptaningsih memberikan apresiasi luar biasa pada PC Muslimat NU, yang telah bekerjasama dalam pelayanan KB selama 16 tahun terakhir. 

"Kerjasama ini sebagai wujud sinergitas yang baik antara pemerintah dengan Organisasi Masyarakat (Ormas)," katanya.

Endang mengatakan, dalam pelayanan KB, pihaknya mensuport alat kontrasepsi, sedangkan tenaga medis dari Dinas Kesehatan.

Ia menyampaikan, dalam pelayanan KB, pada 2022 Kabupaten Temanggung mendapat target dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebanyak 2076 orang dan sampai Februari sudah tercapai 260 orang atau 12,62 persen. 

"Harapannya target tercapai. Kami menggandeng semua pihak untuk mencapai target, atau dalam pengendalian jumlah penduduk di Temanggung," imbuhnya. 

Ketua PC Muslimat NU Temanggung, Suad Jauharoh mengatakan, berdasarkan catatan awal sedikitnya 298 orang mendaftar untuk mendapat pelayanan KB, baik pemasangan baru, maupun penggantian alat kontrasepsi. 
 
"Masih ada yang mendaftar, sehingga dimungkinkan lebih dari 300 pendaftar untuk pelayanan KB di Baksos yang digelar sebagai rangkaian HUT Muslimat NU ini," kata Suad Jauharoh, Selasa (15/2/2022) disela-sela pelaksanaan Baksos. 

Suad Jauharoh mengatakan, peserta berasal antara lain dari Kecamatan Parakan, Bulu, Bansari, Kledung dan Kedu. Mereka mengikuti layanan KB, karena telah mengetahui dan merasakan manfaatnya. 

Disampaikan olehnya, Layanan KB digelar secara rutin tiap tahun, terutama pada rangkaian HUT Muslimat. Pelayanan ini sudah sejak 2005 dan dari tahun ke tahun peserta cenderung meningkat. (MC.TMG/ai;sv;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top