Iklan Layanan Masyarakat

Polres dan Dishub Temanggung Inspeksi Keselamatan Bus

Selasa, 02 Apr 2024 08:53:16 86

Keterangan Gambar : Polres dan Dishub Temanggung Inspeksi Keselamatan Bus


Temanggung, Media Center - Petugas kepolisian dari Polres Temanggung bersama Dinas Perhubungan melakukan "ramp check" atau inspeksi keselamatan bus yang merupakan angkutan mudik di Terminal Madureso, Senin (1/4/2024) siang. 

Kepala Bagian Operasi Satuan Lalu Lintas Polres Temanggung, Iptu Endi Widodo mengatakan, pengecekan bus ini dilakukan untuk memastikan semua angkutan umum dapat melayani para pemudik.

"Ramp check ini untuk memastikan semua angkutan mudik dalam keadaan laik jalan. Dengan kondisi kendaraan yang laik jalan inilah diharapkan selama perjalanan tidak terjadi kendala," katanya.

Ia menjelaskan, pengecekan tersebut juga merupakan upaya untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh kerusakan kendaraan.

"Pada pengecekan ini belum ditemukan adanya kendaraan yang tidak sesuai dengan keselamatan, sudah kita cek, terutama roda, rem, kemudian perangkat-perangkat dari lampu sen, lampu jauh, itu utamanya. Sampai saat ini, belum kita temukan dan semoga tidak kita temukan," jelasnya.

Kasi Perbengkelan dan Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Temanggung, Gani Cipta Sampurna mengatakan, selama mudik Lebaran 2024 pihaknya intensif melakukan pemantauan kendaraan umum agar tidak terjadi hambatan.

"Melaksanakan ramp cek, ramp cek yang sama, tempatnya juga sama, di terminal juga, dalam hal ini terlihat bagaimana perubahan ketika Nataru kemarin dengan angkutan Lebaran tahun ini, semuanya lebih siap. Secara umum armada yang digunakan untuk penyelenggaraan angkutan Lebaran lebih siap dibandingkan dengan Nataru," ungkapnya.

Selain melakukan pengecekan kendaraan, sopir dan kru bus juga turut diperiksa kesehatannya berupa pengecekan tensi darah. 

"Mereka juga diberikan vitamin dan suplemen kesehatan untuk mendukung stamina," pungkasnya. (Fir;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top