Iklan Layanan Masyarakat

PMI Temanggung Tetap Buka Layanan Donor Selama Ramadan

Rabu, 20 Mar 2024 19:06:45 483

Keterangan Gambar : PMI Temanggung Tetap Buka Layanan Donor Selama Ramadan


Temanggung, Media Center - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah tetap membuka layanan donor darah selama bulan Ramadan 1445 Hijriah. 

Selain layanan di kantor PMI, petugas juga melakukan donor darah massal ke gereja-gereja, maupun vihara. Dengan upaya tersebut, stok darah selama bulan puasa Ramadan, bahkan Lebaran tersedia.

"Pada minggu ini akan dilakukan donor darah massal di Gereja Kristen Jawa dan Vihara Damma Panna di Desa Kalimanggis, dari dua lokasi ini diperkirakan bisa mendapat 150 kantong lebih," kata petugas Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S)  PMI Temanggung, El Anjar, Rabu (20/3/2024).

Ia menyebutkan, saat ini stok darah di PMI Temanggung sebanyak 126 kantor. Jumlah itu terdiri darah A sebanyak 30 kantong lebih, darah B sebanyak 30 kantong lebih, darah AB 28 kantong dan darah O sebanyak 38 kantong.

Ia mengatakan, selain di gereja dan vihara, pelayanan donor darah juga dilaksanakan pada malam hari dengan menyambangi masjid-masjid setelah sholat tarawih.

"Meski pendonor pada bulan puasa ini relatif berkurang, tetapi kami tetap berupaya melayani para pendonor," imbuhnya.
 
Ia mengatakan, puncak permintaan darah itu terjadi biasanya sepuluh hari sebelum Lebaran, karena banyak pasien-pasien yang masuk kerumah sakit, seperti pasien gagal ginjal dan lainnya.

Di sisi lain, merebaknya kasus demam berdarah dengue di Temanggung sejak awal Januari membuat permintaan darah trombosit meningkat. Rata-rata per hari permintaan mencapai 5 kantong.

"Meski demikian ketersediaan darah trombosit tercukupi, karena banyak pendonor juga," pungkasnya. (Fir;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top