Iklan Layanan Masyarakat

Pj. Bupati Apresiasi Kinerja BAZNAS Temanggung, Tahun 2023 Kelola Dana Rp 12,2 miliar

Senin, 18 Mar 2024 21:34:31 424

Keterangan Gambar : Pj. Bupati Apresiasi Kinerja BAZNAS Temanggung, Tahun 2023 Kelola Dana Rp 12,2 miliar


Temanggung, MediaCenter - Pj. Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo mengapresiasi Laporan Keuangan BAZNAS Kabupaten Temanggung sebagai bentuk keterbukaan publik, atas pengelolaan dana zakat, infaq, dan shodaqoh yang terkumpul, serta pentasyarufan atau penyalurannya.

"Kami mengapresiasi kinerja BAZNAS Kabupaten Temanggung, kinerja itu diantaranya diraihnya Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam laporan keuangan dalam lima tahun berturut-turut," kata Pj. Bupati pada Rapat Koordinasi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di Graha Bhumi Phala, Komplek Setda, Senin (18/3/2024).

Pj. Bupati mengatakan, WTP lima kali berturut-turut, menandakan BAZNAS sebagai lembaga independen yang punya kapabilitas dalam pelaksanaan.

"Kita percaya apa yang disampaikan ke masyarakat adalah akuntabel dan bisa dipertanggungjawabkan," katanya. 

Pj. Bupati juga mengapresiasi atas keterlibatan BAZNAS dalam pengentasan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Temanggung, sehingga BAZNAS punya andil dalam penurunan kemiskinan ekstrem.

Berdasar data pemerintah, kemiskinan ekstrem turun dari 0,79 menjadi 0,33 atau turun 5000 dari 7000. Harapannya, pada tahun 2024 ini bisa nol persen.

"Sehingga kedepan, yang ditangani adalah warga miskin, bukan kemiskinan ekstrem," imbuh Pj. Bupati.

Ketua BAZNAS Kabupaten Temanggung Mansur Asnawi menyampaikan, BAZNAS Kabupaten Temanggung mendapat dua penghargaan atas kinerja di tahun 2023. Yakni pengumpul terbanyak kedua tingkat Jateng untuk Dana Peduli Palestina dan kebijakan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk kegiatan BAZNAS.

"Penghargaan telah diterima beberapa waktu lalu, ini semua atas kerja semua pihak, terutama Bapak Pj. Bupati Temanggung yang telah mengeluarkan kebijakan yang mendukung pada kerja-kerja BAZNAS," kata Mansur Asnawi.

Ia menambahkan, pada 2023, BAZNAS Kabupaten Temanggung mampu menghimpun dana sebesar Rp 12,2 miliar. Dana itu dari zakat sebesar Rp 10,4 miliar, dan infaq/shodaqoh Rp 1,8 miliar.

"Penghimpunan tahun 2023 yang telah terealisasi Rp 10,041 miliar dan saldo akhir Rp 2,252 miliar," jelas Mansur Asnawi. 

Adapun pada 2024 target penghimpunan berkisar Rp 12 miliar dari Rp 16 miliar yang menjadi potensi di Kabupaten Temanggung. Untuk itu, pihaknya menggandeng semua stakeholder untuk mencapai target, termasuk dalam pentasyarufan dari dana yang terhimpun.

Dikemukakan, untuk asnaf fakir teralokasi Rp 832 juta, miskin teralokasi Rp 5,763 miliar, amil Rp 1,165 miliar, mualaf Rp 250 juta, ghorim Rp 3,5 juta fisabilillah Rp 1,230 miliar, ibnu sabil Rp 5,5 juta dan infak sebanyak Rp 791 juta. 

Pada tahun 2023, BAZNAS Temanggung memberi dukungan kepada rakyat Palestina dalam bentuk penggalangan donasi yang dikemas melalui surat edaran donasi Palestina dan bekerjasama dengan UPZ se-kabupaten Temanggung.

Total donasi yang telah terkumpul per tanggal 31 Desember 2023 sebesar Rp 1,010 miliar adalah peringkat kedua dari BAZNAS Kabupaten/Kota se-Jateng. Bantuan tersebut diserahkan kepada Palestina melalui BAZNAS RI.

Pada kesempatan itu, juga diberikan piagam penghargaan kepada Unit Pengumpul Zakat berprestasi. (Aiz;Chy;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top