Iklan Layanan Masyarakat

Petani Tembakau di Lereng Sumbing dan Sindoro Gelar Ritual Ruwat Rigen

Minggu, 07 Agu 2022 15:51:56 212

Keterangan Gambar : Petani Tembakau di Lereng Sumbing dan Sindoro Gelar Ritual Ruwat Rigen


Ribuan petani tembakau dari lereng Gunung Sumbing dan Sindoro menggelar ritual Ruwat Rigen yang dipusatkan di rest area Kledung, Kabupaten Temanggung, Minggu (7/8/2022).

Ritual ditandai dengan pencipratan air dari 13 sumber mata air oleh Bupati Temanggung, HM Al Khadziq pada rigen atau tempat menjemur tembakau, dan doa yang dipimpin tokoh agama setempat. 

Kelompok kesenian dari 13 desa di Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung ikut memeriahkan ritual dengan menggelar pentas kesenian. Sebelumnya, mereka mengarak rigen dan gunungan tumpeng, serta ingkung dari lapangan desa menuju ke rest area Kledung.

Bupati Al Khadziq mengatakan, ritual Ruwat Rigen merupakan selamatan panen tembakau yang dikemas secara adat. Ruwat Rigen berarti merawat segala sesuatu yang berkaitan dengan pertembakauan dan panen tembakau.

"Jadi ini sebagai wujud pengharapan petani agar tahun ini panen dapat berjalan dengan lancar, berhasil dan harganya bagus, serta menjadi rezeki yang banyak bagi masyarakat," kata Bupati. (aiz;pde;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top