Iklan Layanan Masyarakat

Persiapan Mudik, Rambu-Rambu Lalu Lintas Dibersihkan

Senin, 25 Mar 2024 14:23:44 491

Keterangan Gambar : Persiapan Mudik, Rambu-Rambu Lalu Lintas Dibersihkan


Temanggung, Media Center  - Pemasangan rambu-rambu lalu lintas permanen, maupun portabel dikerjakan Dinas Perhubungan Kabupaten Temanggung untuk keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan pada arus mudik Lebaran 2024 di daerah tersebut.

Kepala Bidang Pengelolaan Perhubungan Dinas Perhubungan Kabupaten Temanggung Agus Setiawan mengatakan, rambu-rambu lalu lintas dipasang secara permanen di jalan kabupaten dan kecamatan yang memang membutuhkan.

"Pemasangan itu ada yang rambu baru, atau mengganti rambu yang rusak dan hilang," kata Agus Setiawan, Senin (25/3/2024).

Ia mengatakan, Dinas Perhubungan juga melakukan pemeliharaan rutin rambu-rambu jalan. Diantaranya, membersihkan rambu atau memangkas dahan pohon yang menutup, atau mengganti lampu APILL yang rusak dan mati.

Dikemukakan, untuk arus mudik, pihaknya fokus pada Rambu Pendahulu Penunjuk Jurusan (RPPJ) yang berada atau terpasang di sejumlah jalan masuk Kabupaten Temanggung.

"RPPJ ini dipasang atau dibersihkan agar terbaca pengguna jalan," jelasnya.

Dijelaskan olehnya, rambu-rambu portabel akan dipasang di sejumlah titik untuk menunjukkan jalur alternatif bagi pengendara yang tidak mau lewat dalam kota, karena macet.

Adapun pemasangan paku jalan atau mata kucing telah selesai dikerjakan. Pada tahun 2024 ini, mendapat alokasi sebanyak 200 buah dari Kementerian Perhubungan RI.

"Pada tahun ini ada alokasi 200 buah mata kucing untuk jalur utama mudik Lebaran 2024 di Temanggung," imbuhnya.

Agus menjelaskan, fungsi utama mata kucing adalah untuk meningkatkan kewaspadaan dari pengguna jalan, terutama kalau malam hari.

Sebab, terang Agus Setiawan, pada waktu malam atau gelap, mata kucing ketika terkena sinar dari lampu kendaraan akan memantulkan kembali.

Sehingga diharapkan kewaspadaan penggunaan jalan meningkat, artinya bahwa penggunaan jalan itu sudah dilajurnya atau melewati  lajur. (Aiz;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top