Iklan Layanan Masyarakat

Penyusunan RPJPD 2025-2045, Bupati: Kontribusi Temanggung Wujudkan Indonesia Emas

Kamis, 21 Sep 2023 07:39:31 323

Keterangan Gambar : Penyusunan RPJPD 2025-2045, Bupati: Kontribusi Temanggung Wujudkan Indonesia Emas


Temanggung, MediaCenter - Bupati HM Al Khadziq dan Forkompimda Kabupaten Temanggung hadir dalam Sosialisasi Penyusunan Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Temanggung periode 2025-2045 pada Rabu (20/9/2023) bertempat di Aula Progo, Kantor Bappeda Temanggung. 

Bupati Al Khadziq menjelaskan, bahwa RPJPD menjadi rujukan bagi seluruh program pembangunan daerah periode 2025-2045 mendatang. RPJPD harus selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional yang telah dicanangkan oleh Presiden. Bupati menegaskan, bahwa dalam RPJPD tersebut, Kabupaten Temanggung memiliki keinginan untuk ikut berkontribusi secara aktif dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045 dengan memanfaatkan bonus demografi berupa Sumber Daya Manusia yang cerdas, berkualitas, dan mampu bersaing secara global. 

"Temanggung sedang menyusun Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah 2025-2045 yang akan menjadi rencana induk bagi program dan pembangunan di Kabupaten Temanggung selama dua puluh tahun menuju Indonesia Emas. RPJPD ini harus menjadi bagian integral dari RPJPN yang sudah dicanangkan oleh Bapak Jokowi. Dalam RPJPD ini, Temanggung ingin kontributif bagi upaya Indonesia untuk mencapai Indonesia Emas, kekuatan ekonomi terbesar ke empat di dunia. Oleh karena itu, nanti akan difokuskan untuk pembangunan kualitas Sumber Daya Manusia di Kabupaten Temanggung itu sendiri, agar menjadi bonus demografi yang produktif, terampil, tetap berkarakter kebangsaan, dan berakhlaqul karimah, berkeTuhanan yang Maha Esa, berjiwa Pancasila dan ber-Bhinneka Tinggal Ika," jelasnya. 

Selanjutnya Bupati menuturkan, bahwa Kabupaten Temanggung saat ini sedang mengarah pada pembangunan industri, pertanian, perkebunan, dan sektor pariwisata. 

"Temanggung juga sedang mengarah untuk membangun pusat-pusat pertumbuhan ekonomi yang baru, berbasis pada empat potensi utama Kabupaten Temanggung, yakni di daerah timur untuk industri, sementara daerah barat, utara, selatan untuk daerah pertanian dan pariwisata serta perkebunan," imbuh Bupati. 

Guna menggiatkan potensi-pontensi yang ada di Kabupaten Temanggung, Bupati juga menekankan perlunya pembangunan infrastruktur dan peningkatan event-event pariwisata Kabupaten Temanggung. 

"Potensi pertanian Temanggung akan terus dikembangkan menjadi produk unggulan daerah. Potensi seni dan pariwisata juga akan dikembangkan, disamping kita juga akan meningkatkan kemandirian masyarakat, khususnya di desa-desa dalam upaya untuk mempertahankan ketahanan pangan. Syukur-syukur Temanggung yang subur menjadi lumbung pangan ini bisa subsitusi, bisa mendukung ketercukupan pangan di daerah-daerah yang lain. Maka peningkatan di bidang pertanian dan perkebunan ini sangat vital dalam dua puluh tahun menuju 2045 tersebut," pungkasnya. (MC.TMG/nin;chy;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top