Iklan Layanan Masyarakat

Penertiban Aksi Balap Liar, Polres Temanggung amankan 105 Sepeda Motor

Rabu, 20 Mar 2024 19:10:54 485

Keterangan Gambar : Penertiban Aksi Balap Liar, Polres Temanggung amankan 105 Sepeda Motor


Temanggung, MediaCenter – Polres Temanggung gencarkan edukasi tertib berlalu lintas, selain operasi penggunaan sepeda motor tidak standar dan balap liar menjelang buka puasa. Pada operasi terakhir, berhasil mengamankan 105 sepeda motor.

Kapolres Temanggung AKBP Ary Sudrajat mengatakan pada pengguna jalan yang tidak tertib aturan lalu lintas, seperti penggunaan knalpot tidak standar dan balap liar langsung ditangkap dan dikenakan tilang.

"Sepeda motor kami angkut ke Polres Temanggung untuk dijadikan barang bukti," katanya, Rabu (20/3/2024).

Dikemukakan, selain melakukan operasi dan juga gencarkan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya tertib berlalu lintas, penggunaan sepeda motor standar dan memakai helm. 

"Kami juga lakukan edukasi bahaya balap liar," tegas Kapolres. 

Kabag Ops Kompol Yanu Fajar mengungkapkan, terus gencarkan operasi penertiban yang diantaranya pada hari Selasa (19/3/2024) pukul 17.00 WIB. Personel gabungan Polres Temanggung sejumlah 116 orang melaksanakan kegiatan penertiban, tepatnya di Jalan Lingkar Ngadirejo Desa Manggong dalam rangka antisipasi adanya kegiatan balap liar yang dilakukan oleh anak-anak remaja menjelang saat berbuka puasa.

“Kegiatan ini kita laksanakan berdasarkan analisa dan evaluasi, serta informasi dari masyarakat, bahwa di Jalan Lingkar Ngadirejo menjelang berbuka sering dijadikan anak muda untuk ajang balap liar,“ jelasnya.

Kompol Yanu menjelaskan, dalam kegiatan penertiban tersebut, petugas gabungan berhasil mengamankan sebanyak 105 sepeda motor yang menggunakan knalpot tidak standar dan pelanggaran lainnya, seperti surat-surat, serta kelengkapan kendaraan.

“Seluruh barang bukti sepeda motor kita amankan ke Polres Temanggung dan kita angkut menggunakan 2 truk,“ tambahnya. 

Lebih lanjut, Kompol Yanu mengatakan, tidak hanya dilakukan penilangan, namun pihaknya juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pelanggaran yang dilakukan, serta bahayanya aksi balap liar, baik bagi pelaku, maupun masyarakat pengguna jalan yang lainnya.

“Kegiatan penertiban terhadap penggunaan knalpot tidak standart, aksi balap liar, serta edukasi tentang keselamatan dalam berlalulintas akan rutin dilakukan, baik itu selama bulan Ramadan, maupun hari-hari lainnya. Mari bersama-sama kita ciptakan situasi yang aman, nyaman, serta kondusif, utamanya saat bulan Ramadan,“ tandas Kompol Yanu.

Ia mengimbau kepada orang tua, agar selalu mengawasi aktifitas anak dan berharap bulan Ramadan dapat menjadi momentum kebersamaan antar keluarga, baik dalam hal beribadah, maupun kebersamaan lainnya. Bulan Ramadan harus diisi dengan kegiatan positif dan tidak merugikan diri sendiri, maupun orang lain. Sehingga dalam pelaksanaannya akan meningkatkan keimanan, serta kekhusyukan dalam beribadah.

“Pastikan anak-anak kita selalu dalam pengawasan, usahakan setiap pukul 22.00 WIB, anak-anak sudah berada di rumah. Jangan sampai menjadi korban, maupun pelaku, baik balap liar, maupun kejahatan lainnya,“ pungkasnya. (Aiz;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top