Iklan Layanan Masyarakat

Penanganan Inflasi, Kemendagri Minta Dukungan Pemda

Senin, 14 Nov 2022 18:27:36 198

Keterangan Gambar : Pemkab Temanggung kembali mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah ke empat secara daring yang digelar rutin setiap minggu oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Senin (14/11/2022).


Temanggung, MediaCenter - Pemkab Temanggung kembali mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah ke empat secara daring yang digelar rutin setiap minggu oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Senin (14/11/2022). 

Hadir dalam kegiatan yang terlaksana di Ruang Gajah, Komplek Kantor Bupati Temanggung, Kepala Bagian Perekonomian Setda, Fita Parma Dewi, beserta perwakilan dari BPS, Kodim 0706, Kejari, Polres, Dinkopdag, Bappeda, BPKPAD, Dinsos, serta DKPPP Temanggung. 

Rapat koordinasi secara daring dipimpin oleh Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo dengan memberikan imbauan kepada seluruh Pemerintah Daerah untuk mengambil peran dalam melaksanakan 6 upaya konkrit penanganan inflasi daerah.

Adapun upaya konkrit penanganan inflasi daerah tersebut meliputi: pelaksanaan operasi pasar murah, sidak ke pasar dan distributor agar tidak menahan barang, menjalin kerjasama dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan, menggalakkan gerakan menanam, merealisasikan BTT, serta memberikan dukungan transportasi dari APBD. 

Wamendagri John Wempi Wetipo menambahkan, terkait dengan kepatuhan Pemda dalam pelaporan terkait pengendalian inflasi daerah terdapat 19 Pemda yang tidak menyampaikan laporan harian sepanjang minggu kedua bulan November 2022. 

John Wempi Wetipo berharap, ke depannya tiap Pemkab/Pemkot melakukan langkah-langkah tindak lanjut dengan cara melaporkan hasil pemantauan harga komoditas bahan pokok setiap hari, serta merealisasikan belanja tak terduga sebagai dukungan pengendalian inflasi. 

Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Badan Pangan Nasional, I Gusti Ketut Astawa memaparkan, stok pangan nasional terpantau aman. Namun menjelang Perayaan Hari Natal dan Tahun Baru (Nataru) ada kecenderungan kenaikan harga beras, bawang, dan daging. 

"Harga-harga sudah mulai ada beberapa kenaikan, sehingga kami berharap Pemda masing-masing lebih tanggap, karena ini menjelang Nataru jangan sampai keburu naik harganya. Oleh karena itu kami sangat mengharapkan dan mendorong Pemda untuk melakukan langkah-langkah sebagaimana yang sudah diamanahkan oleh Kemendagri," tegasnya. (MC.TMG/nin;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top