Iklan Layanan Masyarakat

Pemkab Temanggung dan ATR/BPN Bersinergi Kejar Target Pensertifikatan

Selasa, 08 Mar 2022 14:27:21 902

Keterangan Gambar : Bupati HM Al Khadziq menerima kunjungan Kepala Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Temanggung, Retno Kustiah beserta jajaran di Ruang Gajah, Pendopo Jenar, Senin (7/3/2022).


Temanggung, MediaCenter - Pemerintah Kabupaten Temanggung menyatakan siap melakukan kerjasama dengan  pihak Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dalam hal pensertifikatan. Hal tersebut mengemuka dalam silaturahmi antara jajaran ATR/BPN Kabupaten Temanggung dengan Bupati HM Al Khadziq di Ruang Gajah Pendopo Jenar, Senin (7/3/2022). 

Kepala Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Temanggung Retno Kustiah, mengatakan, sinergitas antara Pemkab dan BPN sangat diperlukan untuk saling menunjang keberhasilan program pemerintah. Pihaknya pun mengaku tidak akan bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dari pemerintah daerah. 

"Saya bersilaturahmi di sini memohon dukungan dari Pak Bupati dan OPD, karena program strategis nasional seperti Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kabupaten Temanggung sangat besar, jumlah pengukurannya (PBT) ada 53 ribu, SHAT yang akan menjadi sertifikat sebanyak 45 ribu. Jadi BPN itu tidak bisa berdiri sendiri tanpa dukungan pemerintah kabupaten,"kata Retno. 

Selain itu, kata Retno akan dikebut pensertifikatan aset Pemkab Temanggung dengan target bulan Juni-Juli bisa selesai. Pada tahun 2022 ada sekitar 1.300-an bidang yang harus disertifikatkan. Maka dari itu, Pemkab dalam hal ini OPD terkait diminta untuk segera berkoordinasi dengan BPN agar segera bisa dilakukan pengukuran aset-aset. 

"Saya harapkan untuk aset-aset Pemkab, bulan Juni atau maksimal Juli sudah bisa selesai. Saya akan pacu speed, karena aset Pemkab ini dimonitor oleh KPK. Provinsi Jawa Tengah itu merupakan percontohan di Indonesia, bahwa untuk aset di kabupaten/kota, dan provinsi adalah pioner. Kabupaten Temanggung juga merupakan percontohan kecamatan lengkap, sudah ada 6 kecamatan lengkap yang mana di Jawa Tengah ya baru Temanggung,"katanya. 

Bupati HM Al Khadziq menyambut baik kunjungan tersebut sebab saling membantu satu sama lain. Pemkab Temanggung pun senantiasa siap membantu ATR/BPN, dalam hal ini untuk sama-sama melayani masyarakat. 

"Nanti pengerahan sumber dayanya bersama-sama, prinsip kami setuju dan bekerja bersama-sama biar Juli selesai. Soal PTSL nanti bersama Dinpermades untuk mengingatkan pula desa-desa. Pemkab Temanggung siap terkait apa saja yang diperlukan untuk kesuksesan ini, dengan pemerintah desa, dengan kecamatannya juga. Suksesnya ATR/BPN Temanggung juga suksesnya Pemda, suksesnya Pemda juga suksesnya ATR/BPN, semua untuk melayani rakyat,"tandas Bupati. (MC.TMG/ar;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top