Iklan Layanan Masyarakat

Pembinaan PAUD-HI Untuk Penuhi Kebutuhan Esensial Anak

Selasa, 27 Jul 2021 18:02:12 6427

Keterangan Gambar : Tim Penggerak Pemberdayaan dan  Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Temanggung mengadakan kegiatan bimbingan bagi Bunda Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD) kecamatan dan pengelola lembaga PAUD se-Kabupaten Temanggung melalui virtual meeting di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Temanggung, Selasa (27/7/2021).


Temanggung, Media Center – Tim Penggerak Pemberdayaan dan  Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Temanggung mengadakan kegiatan bimbingan bagi Bunda Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD) kecamatan dan pengelola lembaga PAUD se-Kabupaten Temanggung melalui virtual meeting di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Temanggung, Selasa (27/7/2021).

Virtual meeting yang dihadiri oleh 20 peserta dari Bunda PAUD kecamatan dan 85 pengelola atau kepala lembaga PAUD se-Kabuapten Temanggung dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Temanggung, Denty Eka Widi Pratiwi. 

Sebelum dibuka, Tri Agus Sutopo selaku panitia kegiatan melaporkan dan memaparkan kegiatan tersebut.

PAUD Holistik Integratif (PAUD-HI) merupakan upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis dan terintegrasi. 

“Pemenuhan kebutuhan perkembangan dan pertumbuhan anak secara holistik integratif sangat menentukan kualitas kesehatan, kecerdasan dan kematangan sosial anak usia dini ditahap berikutnya,” ungkap Sutopo.

Layanan stimulasi holistik dan integratif mencakup layanan pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan menjadi kebijakan pengembangan anak usia dini dengan melibatkan pihak terkait, baik instansi pemerintah, organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi, tokoh masyarakat serta orang tua.

Ia juga menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan pembinaan PAUD-HI ini adalah memberikan bekal awal bagi Bunda PAUD kecamatan untuk mendukung program PAUD-HI di wilayah kerjanya.

Kader-kader PAUD diseluruh wilayah Kabupaten Temanggung juga harus mampu melaksanakan program PAUD-HI. Selain itu pembinaan PAUD-HI bertujuan untuk meningkatkan sumber daya kader PAUD dalam mengembangkan kegiatan PAUD-HI di wilayahnya masing-masing.

“Manfaat dari pembinaan PAUD-HI ini adalah Bunda PAUD kecamatan mengetahui dan mampu melaksanakan pembinaan program PAUD-HI di wilayahnya. Serta kader PAUD mampu melaksanakan tata kelola yang baik, yakni pengelolaan program yang dilakukan secara efektif, efisien, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan,” imbuhnya.

Ketua TP-PKK Kabupaten Temanggung mengatakan, bahwa pemenuhan kebutuhan perkembangan dan pertumbuhan anak secara holistik integratif tersebut sangat menentukan kualitas anak tersebut.

Dalam hal kesehatan, kecerdasan, hingga dengan kematangan sosial mereka. Sehingga nanti merupakan awal pijakan bagi anak-anak untuk menempuh pendidikan selanjutnya.

“Sehingga kondisi yang sekarang itu perlu didorong, dimana optimalisasi peran daripada Bunda PAUD kecamatan ataupun desa betul-betul bisa bergerak semuanya,” ungkapnya.

Dalam pembinaan tersebut diberikan beberapa materi, diantaranya pedoman pembinaan Bunda PAUD oleh pengurus Himpaudi Provinsi Jawa Tengah, Benyamin Agustinus, Rencana aksi nasional PAUD-HI 2020-2024 oleh Ketua Pokja 4 TP-PKK Kabupaten Temanggung, Sam’ani Yusuf, Petujuk Teknis Pelaksanaan PAUD-HI oleh pengurus Himpaudi Kabupaten Temanggung, Evi Indriasari dan Irma Fitri Hastuti. (MC TMG/Cah;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top