Iklan Layanan Masyarakat

Pedagang Pasar Legi Parakan Divaksin Covid-19

Jumat, 19 Mar 2021 10:13:33 914

Keterangan Gambar : Vaksinasi pedagang di Pasar Legi Parakan, Rabu (17/3/2021). 


Temanggung, MediaCenter- Sebanyak 663 pedagang Pasar Legi Parakan divaksinasi Covid-19. Jumlah tersebut merupakan tahap pertama dari total 3.286 pedagang pasar yang ada di Kecamatan Parakan yang sudah terdaftar untuk diberikan vaksin Covid-19. 

Berbeda dengan pelaksanaan vaksinasi sebelumnya yang dilakukan di Puskesmas, pemberian vaksin untuk pedagang pasar dilakukan di Aula  Pasar Legi Parakan, Rabu (17/3/2021). 

Pemberian vaksinasi  disambut antusias oleh pedagang pasar. Sejak pagi, ratusan pedagang meninggalkan lapak  dan kios mereka untuk segera mendapatkan suntikan vaksinasi Covid-19. 
 
Dengan membawa  surat undangan dan bukti diri, mereka rela mengantri menunggu giliran discreening dan disuntik vaksin. 

Salah satu pedagang,  Nur Patah (42) mengaku senang bisa divaksin Covid-19 karena bisa mencegah dari penularan Covid-19. Harapannya dengan vaksinasi ini  aktivitas pasar dapat kembali normal setelah sempat sepi selama pandemi. 

“Saya senang bisa divaksin, rasanya tidak sakit dan tidak ada efek sampingnya. Setelah vaksin semoga bisa sehat, tidak tertular Korona dan pasar kembali ramai. Selama pandemi penjualan sangat sepi, dagangan banyak yang tidak laku,” katanya. 

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Temanggung, Sri Hariyanto yang ditemui disela-sela kegiatan menyampaikan bahwa   vaksinasi pada pedagang Pasar Legi Parakan adalah yang pertama di Kabupaten Temanggung untuk kalangan pedagang dan berlangsung selama tiga hari.

Dari sebanyak 3.286 pedagang pasar yang ada di Kecamatan Parakan untuk tahap pertama diprioritaskan bagi 663 pedagang. Jumlah ini, sesuai dengan vaksin yang disediakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Temanggung. 

“Untuk pasar Parakan tidak hanya Pasar Legi, ada Pasar Kayu, Pasar Entho dengan total 3.286 pedagang. Untuk tahap pertama, diprioritaskan bagi 663 pedagang dulu, yang lainnya nanti bertahap sesuai dengan jatah vaksin dari Dinkes,” katanya. 

Ditambahkannya, pelaksanaan vaksin untuk pedagang Pasar Parakan memang sengaja dilakukan di aula pasar, karena  fasilitas dan tempatnya memungkinkan, yaitu memiliki aula yang longgar, sehingga untuk mendekatkan dengan para pedagang. 

“Alhamdullilah, tidak ada penolakan dari pedagang, bahkan sangat antusias. Ini membuktikan bahwa para pedagang sadar akan kesehatan dan  harapannya dengan vaksin ini Korona segera pergi dan ekonomi bangkit lagi,” tambahnya. 

Sementara itu, Kepala  Bidang Pencegahan  dan Penanggulangan  Penyakit Dinkes Kabupaten Temanggung, Dr Intan Pandanwangi   mengatakan bahwa pedagang pasar menjadi salah satu prioritas sasaran vaksin tahap dua, karena profesinya banyak bertemu orang, sehingga   sangat riskan tertular Covid-19. 

“Pedagang pasar menjadi kelompok rentan, karena banyak bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang, sehingga menjadi prioritas tahap dua pelaksanaan vaksin Covid-19 di Kabupaten Temanggung,” jelasnya. (MC TMG/Bima;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top