Iklan Layanan Masyarakat

Pastikan Angka Stunting Turun, TP PKK Kembali Adakan Monev

Kamis, 04 Mei 2023 16:08:19 215

Keterangan Gambar : Pastikan Angka Stunting Turun, TP PKK Kembali Adakan Monev


Temanggung, MediaCenter - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Temanggung, Eni Maulani Saragih Al Khadziq beserta Tim Monitoring Stunting kembali melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Stunting pada 3 Puskesmas, yakni Puskesmas Kaloran, Puskesmas Tepusen, dan Puskesmas Bansari. Ketua TP PKK beserta rombongan bertolak langsung ke lokasi Monev seusai mengikuti acara Halalbibalal bersama Dharma Wanita Persatuan dan Gabungan Organisasi Wanita  Temanggung, Rabu (3/5/2023) siang. 

Kegiatan Monev Stunting dimulai dari Puskesmas Kaloran bersamaan dengan Puskesmas Tepusen, Ketua TP PKK Kabupaten Temanggung Eni Maulani Saragih langsung menghampiri sejumlah 20 bunda beserta Anak Dibawah Dua Tahun (Baduta) yang berada di lokasi untuk mengetahui kondisi terkini para Baduta stunting tersebut. 

"Hari ini negara menyiapkan generasi emas untuk tahun 2045. Kita lahirkan di tahun 2045 itu anak-anak yang memang luar biasa. Bukan hanya pintar, bukan hanya cerdas, bukan hanya cakap lahir dan batin, tetapi punya perawakan yang ideal dan tidak kalah dengan negara-negara lain," tandas Ketua TP PKK Temanggung saat memberikan arahan. 

Berbeda dengan Baduta yang ditemui di Puskesmas Kaloran dan Tepusen, Eni Maulani Saragih saat melakukan Monev Stunting di Puskesmas Bansari menemukan anak-anak Baduta stunting dengan penyakit penyerta, yaitu Tuberkulosis (TBC), sehingga menekan nafsu makan anak dan menghambat tumbuh kembangnya. 

"Mungkin selain stunting, banyak anak-anak yang kurusnya, yang kecilnya itu tidak mau makan, karena juga menderita TBC. Tidak hanya di satu desa, kita harus periksa di desa-desa di Kecamatan Bansari. Tadi dari dua belas sampel anak Baduta, empat diantaranya kena TB. Kalau anak menderita TB biasanya tidak mau makan, kurus badannya, karena ada flek di paru-parunya, sehingga diharuskan minum obat secara rutin, tiap hari selama enam bulan, dan tanpa henti," ungkap Eni Maulani. 

Sebagai upaya dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Temanggung, masing-masing Puskesmas telah memiliki inovasi-inovasi yang berbeda. Puskesmas Kaloran mengunggulkan inovasi "JAGO CETING” yaitu Jagongan Cegah Stunting yang mengarah kepada Remaja, Ibu hamil, Ibu Bersalin hingga Balita. Puskesmas Tepusen dengan inovasi " JARI MITA" yaitu Remaja Putri Minum Tablet Tambah Darah,  dan Puskesmas Bansari dengan inovasi "CETING SIPANDU" yaitu Cegah Stunting dengan Deteksi Dini dan Penanganan Terpadu. 

Program kerja kedepan, Ketua TP PKK Temanggung menyampaikan, bahwa akan dilaksanakan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada anak-anak Baduta Stunting pada masing-masing wilayah di Kabupaten Temanggung selama 90 hari tanpa jeda dengan bekerjasama dengan Ketua TP PKK Desa yang juga sebagai Ketua Satgas Stunting beserta kader-kadernya. (MC.TMG/nin;zie;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top