Iklan Layanan Masyarakat

Partisipasi Pemilih di Temanggung Capai 89,57 Persen, Tertinggi di Jawa Tengah

Senin, 04 Mar 2024 14:47:04 573

Keterangan Gambar : Partisipasi Pemilih di Temanggung Capai 89,57 Persen, Tertinggi di Jawa Tengah


Temanggung, Media Center - Partisipasi pemilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mencapai angka 89,57 persen. Angka ini lebih tinggi dari partisipasi Pemilu tahun 2019 sebanyak 87,5 persen. 

Ketua KPU Temanggung, Henry Sofyan Rois, mengatakan dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 616.057 orang, yang menyalurkan hak suaranya sebanyak 551.783 orang.

"Jadi angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 ini di Temanggung mencapai 89.57 persen, atau naik dua persen dibandingkan angka partisipasi pada Pemilu 2019 lalu," katanya, Senin (4/3/2024) di Temanggung.

Ia menyampaikan, capaian tersebut tidak lepas dari upaya KPU dan PPK yang gencar melakukan sosialisasi seluruh tahapan Pemilu kepada masyarakat, termasuk kepada para pemilih pemula dan juga pelajar di sekolah-sekolah.

Bahkan, dalam sosialisasi ini pihaknya juga menggandeng komunitas, tokoh agama dan organisasi masyarakat yang ada di Temanggung.

"Peran dari pihak lainnya juga sangat membantu, misalkan Pemkab itu juga ikut melakukan sosialisasi ketika mereka ada pertemuan dengan jajarannya, misalnya kepala desa, camat dan lain-lain juga ikut mensosialisasikan. Kemudian dari peserta Pemilu, baik dari calon presiden, caleg, dan partai-partai dan DPD juga melakukan sosialisasi, bahkan mereka juga melakukan kampanye, itu  memberikan sumbangan partisipasi pemilih," tegasnya.

Melalui upaya bersama tersebut membuat kesadaran masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya semakin tinggi.

Di sisi lain, capaian 89,57 persen ini menempatkan Kabupaten Temanggung pada urutan pertama dengan partisipasi pemilih tertinggi di Jawa Tengah. Rata-rata partisipasi pemilih di kabupaten dan kota lainnya di Jawa Tengah dikisaran angka 81 persen. (Fir;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top