Iklan Layanan Masyarakat

Operasi Zebra Candi 2023 Dimulai, Taati Aturan Berkendara

Selasa, 05 Sep 2023 12:37:07 1553

Keterangan Gambar : Operasi Zebra Candi 2023 Dimulai, Taati Aturan Berkendara


Temanggung, Media Center  - Operasi Zebra Candi 2023 mulai digelar Kepolisian Resort Temanggung, Senin (4/9/2023) dan akan berakhir Minggu (17/9/2023) mendatang. 

Wakil Kepala Polres Temanggung Kompol Minarto mengatakan, Operasi Zebra Candi 2023 bertujuan untuk menciptakan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran arus lalu lintas, khususnya di wilayah Kabupaten Temanggung secara lebih baik. 

"Polres Temanggung melibatkan stakeholder dalam Operasi Zebra Candi 2023," kata Kompol Minarto pada gelar pasukan di Halaman Mapolres Temanggung, Senin (4/9/2023).

Wakapolres mengatakan, keterlibatan stakeholder, seperti TNI, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP pada Operasi Zebra Candi 2023 diharapkan mampu mempersiapkan langkah antisipasi, baik secara taktis, teknis, maupun strategis, agar potensi pelanggaran lalu lintas yang terjadi bisa diminimalisir, sehingga tercipta Kamseltibcarlantas yang baik.

Ia mengatakan, selain berkendara melawan arah, yang menjadi sasaran Operasi Zebra Candi 2023 adalah balap liar. Selain itu, menerobos lampu merah, tidak menggunakan helm, tidak menyalakan lampu kendaraan utama, tidak membawa surat kelengkapan berkendara, dan melanggar rambu-rambu lalu lintas, serta pengguna kendaraan tidak memperhatikan aspek keselamatan.

Dikatakan oleh Wakapolres, Polres Temanggung telah menyiapkan sejumlah kamera "Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE)" untuk mendukung penegakan hukum selama pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2023. Kamera ETLE berfungsi untuk merekam pelanggaran lalu lintas. 

"Penegakan hukum dengan menggunakan ETLE, tilang manual hanya dilakukan pada pelanggaran tertentu," kata Kompol Minarto.

Petugas akan berkeliling menggunakan kamera tangan dan kamera helm untuk merekam pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara di Kabupaten Temanggung. Adapun target Operasi Zebra Candi 2023 adalah penurunan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. (MC.TMG/Aiz;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top